Senator Kamala Harris Desak Trump Mundur

(Dok AP Photo/Damian Dovarganes, File)

Washington, MINA  – Wanita Senantor AS Kamala Harris pada Kamis (14/12) mendesak Presiden Donald Trump untuk mengundurkan diri atas serangkaian tuduhan melakukan pelecehan dan penyerangan seksual.

Harris dari Partai Demokrat California, menjadi senator ketujuh yang secara terbuka meminta pengunduran diri Trump.

“Saya pikir dia harus mengundurkan diri demi kepentingan terbaik negara ini,” ujarnya kepada Politico News dalam sebuah wawancara.

Desakan Harris muncul saat Trump menghadapi pemeriksaan baru-baru ini atas dugaan pelecehan seksual terhadap para wanita sebelum masa pemilu.

Sedikitnya 16 wanita menuduh Trump melakukan perilaku yang tidak pantas terhadap mereka.

Sebelumnya, senator Kirsten Gillibrand dari New York, calon presiden potensial pada tahun 2020, mengatakan pada akun tweet, ”Trump sama sekali tidak pantas.”

Menurut Harris, Trump pasti tidak akan mengundurkan diri. “Kecuali dia membuat keputusan untuk kepentingan terbaik negara ini, dan dia harus mempertimbangkannya dengan serius,” ujarnya.

Senator lain yang menyatakan hal serupa di antaranya Sens Mazie Hirono (Hawaii), Ron Wyden (Oregon), Jeff Merkley (Oregon), Cory Booker (New York) dan Bernie Sanders (Vermont).

Trump berulang kali menolak tuduhan melakukan pelecehan seksual. Ia menyatakan pada akun Twitternya, sebagai “tuduhan dan cerita palsu”.

Harris mengatakan, dia percaya akan tuduhan itu, dan mendesak “harus ada beberapa penyelidikan tentang kebenaran klaim mereka.” (T/RS2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)