Senegal Beli Lagi Pesawat Buatan Indonesia CN-235

Foto: KBRI Dakar

Dakar, MINA – Angkatan Udara (AU) Senegal kembali membeli sebuah pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia CN-235 MPA.

Pesawat tersebut merupakan pesawat ketiga yang dibeli oleh Angkatan Udara Senegal. Saat ini total 128 di seluruh dunia yang telah diproduksi PT Dirgantara Indonesia. Demikian keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia Dakar, Kamis (1/4).

dan Angkatan Udara Senegal sambut ketibaan pesawat CN-235 MPA di Bandara Angkatan Udara Senegal pada Selasa (30/3).

Duta Besar Indonesia untuk Senegal, Dindin Wahyudin sampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Angkatan Udara Senegal karena menggunakan pesawat produksi Indonesia.

Hal itu merupakan simbol bagi peningkatan kerja sama di antara kedua negara, khususnya di sektor industri strategis dan militer.

“Kerja sama ini merupakan bukti penting dari hubungan Indonesia dan Senegal yang kuat, seperti yang telah dibangun sejak Konferensi Asia-Afrika pada 65 tahun yang lalu,” ujar Wahyudin.

Sebelum tiba di Dakar, pesawat CN-235 yang berangkat dari Bandung tersebut, melalui rute yang melintasi 12 negara dan singgah di India, Qatar, Sudan, Chad, dan Niger. Waktu yang ditempuh mencapai 12 hari dan mengangkut 10 orang kru pesawat. Pesawat ini rencananya akan digunakan dalam patroli laut Angkatan Udara Senegal.

Sebelumnya, Senegal telah membeli pesawat serupa pada 2011 dan 2014. Untuk pembelian ketiga tersebut, kontrak telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan pada awalnya direncanakan untuk diserahkan ke Senegal pada September 2020. Namun, pengiriman pesawat ditunda hingga Maret 2021 akibat pandemi Covid-19. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)