Sepakbola SEA Games 2023: Indonesia Raih Medali Emas Setelah Penantian 32 Tahun

(Doc. PSSI)

Phnom Penh, MINA – Setelah penantian selama 32 tahun, Indonesia akhirnya berhasil meraih usai berhasil menaklukkan Thailand dengan skor 5-2 pada partai puncak Kamboja yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Penyerahan medali emas dilakukan langsung oleh Menpora RI Dito Ariotejo bersama Ketum PSSI Erick Thohir.

Dua gol Indonesia dicetak Ramadhan Sananta pada menit ke-20 dan menit 45+6 di babak waktu normal, tambahan tiga gol dicetak pada babak tambahan oleh Irfan Jauhari pada menit ke-91, Muhammad Fajar Fathurrahman pada menit ke-106.

Gol pamungkas kemenangan Garuda Muda yang dilatih Indra Safri ini dicetak Beckham Putra Nugraha pada menit ke-119.

Sedangkan gol balasan Thailand dilesakkan Anan Yodsangwal pada menit ke-64 dan Otsakorn Buraphan menit 90+8.

Para pemain dan ofisial timnas U-22 Indonesia sempat salah mengartikan peluit dari wasit Matar Ali Al-Hatmi Qasim di menit-menit akhir waktu normal. Mereka sudah berselebrasi, namun pertandingan ternyata belum usai.

Situasi tersebut dimanfaatkan Thailand untuk mencetak gol penyama kedudukan oleh Yotsakorn Buraphan menit 90+9. Berawal dari tendangan bebas dari tengah lapangan, dia menerima umpan sundul Teerasa Poeiphimai untuk kemudian melepaskan tendangan keras. Skor 2-2 bertahan hingga usai dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Total, medali emas dari sepakbola ini menjadi emas ke-87 yang diraih Indonesia di SEA Games 2023 dan masih menempati posisi ketiga di klasemen perolehan medali.

Pencapaian ini menjadi penantian selama 32 tahun, di mana medali emas terakhir Indonesia diraih pada  SEA Games tahun 1991.

Dari 23 kali pertemuan, Garuda Muda meraih lima kemenangan, momen itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

Penantian Selama 32 Tahun

Kenangan medali emas terakhir Indonesia terjadi pada  SEA Games tahun 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final. Pada saat itu, laga Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor sama kuat 0-0 di waktu normal.

Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Namun, Indonesia pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985. Saat itu, Tim Merah-Putih menelan kekalahan dengan skor akhir 0-7 dari Thailand.

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menelan kekalahan 0-1. Di Vietnam tahun lalu, Thailand menaklukkan Indonesia pada babak semifinal. (L/R11/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)