Serangan Bom Tewaskan Calon Anggota Parlemen Afghanistan

Lashkar Gah (Afghanistan), MINA – Sebuah bom meledak di kantor posko pemenangan seorang calon anggota parlemen terkemuka di provinsi Helmand, Afghanistan, Rabu (17/10) dan membunuhnya serta melukai delapan lainnya, kata polisi.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 10 pagi waktu setempat ketika sang calon Abdul Jabar Qahraman dan beberapa pendukungnya berada di dalam kantornya di ibukota provinsi Lashkar Gah, seorang pejabat polisi mengatakan kepada kantor berita Xinhua yang dikutip MINA.

Omar Zawak, juru bicara pemerintah provinsi Helmand mengatakan, Qahraman tewas akibat luka-lukanya setelah mengalami masa kritis.

Tiga tersangka ditangkap dan penyelidikan sedang dilakukan, kata para pejabat.

Pembunuhan Qahraman merupakan yang ke 10 jumlah kandidat parlemen yang tewas dalam serangan militan sejak awal kampanye pemilihan pada 28 September di negara yang dilanda pemberontakan.

Lebih dari 2.500 kandidat bersaing untuk 249 kursi di Parlemen Afghanistan, dengan pemilihan 20 Oktober yang dicela oleh para pemberontak sebagai proses “salah” yang bertujuan untuk melegitimasi kehadiran pasukan asing di negara tersebut. (T/B05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)