SERANGAN DRONE AS TEWASKAN PEMIMPIN AL-SHABAAB DI SOMALIA

Ilustrasi drone Amerika Serikat. (Foto: AA)
Ilustrasi Amerika Serikat. (Foto: AA)

Mogadishu, 11 Rabi’ul Akhir 1436/1 Februari 2015 (MINA) – Seorang pemimpin tinggi gerakan pejuang Al-Qaeda dan beberapa anggotanya tewas pada Sabtu dalam serangan yang diyakini dilakukan oleh pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat.

Seorang pejabat wilayah administrasi Bay, , Ahmed Adan mengatakan, serangan menargetkan konvoi Al-Shabaab dekat Dinsoor, sebuah kota di wilayah barat daya Bay.

“Saya mendapat konfirmasi dari lapangan, beberapa militan Al-Shabaab dan seorang pemimpin puncaknya telah tewas dalam serangan udara tersebut,” kata Adan kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

“Mereka berada di beberapa kendaraan menuju ke sebuah kamp pelatihan, tidak jauh dari Dinsoor,” tambahnya.

Nama pemimpin Al-Shabaab yang ditargetkan dalam konvoi itu belum bisa diketahui.

Adan mengatakan, kamp pelatihan dan dua rumah di Dinsoor juga menjadi sasaran oleh serangan drone.

Dinsoor adalah salah satu dari beberapa pusat perkotaan yang masih dikuasai Al-Shabaab, kelompok bersenjata yang memerangi pemerintah Mogadishu selama beberapa tahun terakhir.

Pada 2 September 2014, serangan drone AS juga menewaskan pemimpin Al-Shabaab Ahmed Godane, dan di akhir tahun, kepala intelijen Al-Shabaab, Abdi Tahliil, juga tewas akibat serangan drone yang lain. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0