Serangan Rudal Houthi Tewaskan 8 Warga Sipil di Marib Yaman

Maarib, MINA – Delapan warga sipil tewas dan 27 lainnya, termasuk wanita, terluka dalam serangan rudal Houthi di kota Marib, Yaman, Kamis (10/6), menurut pihak berwenang setempat.

Serangan itu dilakukan oleh empat rudal balistik Houthi dan serangan pesawat tak berawak yang sarat bahan peledak, kata Gubernur Marib di Twitter, Anadolu Agency melaporkan.

“Satu rudal balistik menghantam sebuah masjid di pusat kota Marib, sementara rudal lainnya jatuh di halaman penjara wanita,” tambahnya.

Belum ada komentar dari kelompok pemberontak Houthi mengenai laporan tersebut.

Pemberontak dan pasukan pemerintah berbagi kendali di provinsi Marib.

Sejak Februari, Houthi telah melibatkan pasukan pemerintah dalam pertempuran sengit untuk menguasai Marib, benteng terpenting pemerintah di mana Kementerian Pertahanan bermarkas. Daerah ini juga kaya akan minyak dan gas.

Yaman telah dirusak oleh kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi yang bertujuan mengembalikan pemerintah Yaman memperburuk situasi, menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan 30 juta orang merupakan 80% dari populasi, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, konflik tersebut telah merenggut lebih dari 233.000 nyawa. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)