Serangan Udara Rusia Tewaskan Tiga Warga Sipil di Aleppo

Aleppo, MINA – Tiga warga sipil tewas dan sembilan lainnya cedera dalam serangan udara Rusia di provinsi Aleppo, Suriah utara, menurut sumber-sumber lokal pada Sabtu (5/1).

Serangan itu menargetkan wilayah Darat Izza, Urum al-Kubra, Rashideen, dan Rift al-Muhandis di dalam “zona de-eskalasi” di Aleppo Barat, kata sumber itu, meminta tidak menyebutkan nama karena alasan keamanan, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Omar Haj Abu Ubeide, Direktur Badan Pertahanan Sipil White Helmets mengatakan, tiga orang tewas di Darat Izza dan sembilan lainnya luka-luka di Urum al-Kubra.

Dia mengatakan korban terluka dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan medis. Pengamat udara oposisi Abu Ubeide mengatakan, serangan udara dilakukan oleh pesawat tempur yang terbang dari Pangkalan Udara Khmeimim di Latakia di Suriah Tenggara.

Ia mengatakan pasukan pemerintah dan milisi yang didukung Iran telah mencoba untuk maju ke daerah Rashideen yang dikuasai oposisi sebelum serangan udara, tetapi di cegah oleh pasukan oposisi.

Konflik Suriah dimulai pada 2011, ketika Presiden Suriah Bashar al-Assad menindak demonstran dengan keganasan yang tak terduga. Ratusan ribu warga sipil terbunuh atau terlantar akibat konflik, terutama oleh serangan udara yang menargetkan daerah-daerah yang dikuasai oposisi.(T/Ast/P2)

Mi’aj News Agency (MINA)