Seribu Pengurus Masjid Ikuti Pelatihan Imam dan Muadzin Bersanad

Jakarta, MINA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta menggelar pelatihan untuk imam dan untuk muadzin bersanad di D’Arcici Hotel Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kedua pelatihan tersebut diikuti total sebanyak 1.000 peserta.

Ketua DMI Provinsi DKI Jakarta, Ma’mun Al-Ayubi menjelaskan, kegiatan pelatihan imam bersanad dilaksankan sejak 27 Juli hingga 11 Agustus 2022. Pelatihan dibagi menjadi 10 angkatan dengan jumlah peserta setiap angkatan sebanyak 50 orang.

“Total peserta Imam 500 orang, demikian juga dengan pelatihan Muadzin bersanad sebanyak 500 orang dan dibagi menjadi 10 angkatan,” ujarnya, Kamis (4/8), Berita Jakarta melaporkannya.

Dikatakan Ma’mun, untuk pelaksanaan pelatihan muadzin digelar sejak 2-18 Agustus 2022. Bagi setiap peserta yang sudah selesai mengikuti pelatihan diberikan sertifikat.

Kegiatan pelatihan menindaklanjuti harapan Ketua Umum Pengurus Pusat DMI, Jusuf Kalla agar adzan dan bacaan imam dikumandangkan dengan merdu sehingga membuat suasana menjadi syahdu serta syiar.

Karena itu, pelatihan menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya seperti Dosen Pasca Sarjana Institut Ilmu Al-Quran Jakarta, Dr KH Ahmad Fathoni, sebagai narasumber Imam bersanad. Narasumber ini juga mata rantai sanad ke-31 dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Selanjutnya, narasumber muadzin bersanad adalah Dosen Pascasarjana Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran dan Lembaga Bahasa Ilmu Al-Quran, Dr KH Muhsin Salim, MA.

“Kami juga berterima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta yang telah memberikan dukungan kepada kegiatan ini sehingga dapat meningkatkan kualitas ibadah di masjid-masjid secara bertahap,” pungkasnya.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)