Sesudah 85 Tahun, Adzan Berkumandang Lagi Dari Dalam Hagia Shopia, Istanbul

, 28 Ramadhan 1437/3 Juli 2016 (MINA) – Untuk pertama kalinya sejak 85 tahun terakhir, suara adzan terdengar berkumandang dari dalam Hagia Sophia, Istanbul, sebuah bangunan bersejarah di pada Sabtu (2/7), yang kembali difungsikan sebagai masjid.

Daily Sabah (DS) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, adzan pernah dikumandangkan melalui pengeras suara dari Hagia Sophia empat tahun yang lalu, tapi muadzin selalu mengumandangkannya dari lapangan museum, bukan dari  dalam bangunan tersebut.

Beberapa tahun terakhir, banyak permintaan kembali memfungsikan bangunan yang telah berdiri sejak 537 Masehi itu menjadi masjid. Namun, setiap kali Al-Quran dibacakan selama bulan Ramadhan, pemerintah mengritik aktivitas itu kepada Kementrian Luar Negeri Turki.

Pada kesempatan berkumandangnya lagi azan itu, Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Mehmet Gormez, menjelaskan kembali berfungsinya bangunan itu sebagai masjid.

Ia juga menyinggung serangan teroris di bandara Ataturk Istanbul, beberapa hari sebelumnyua di mana 44 orang dan tiga penyerang tewas. Menurutnya, serangan itu sebagai bagian dari perang yang dilancarkan pada Islam.

“Islam selalu jadi korban terorisme. Terorisme bukan saja mengancam hidup kami tapi juga merusak nilai-nilai kemanusiaan yang telah dibawa oleh Islam,” tegasnya. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.