Setelah Enam Jam Penerbangan, Presiden Jokowi Tiba di China

(Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

, MINA – Setelah menempuh penerbangan sekitar 6 jam 40 menit, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta delegasi tiba di Beijing Capital International Airport, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Senin (25/7) sekitar pukul 21.37 Waktu Setempat (WS).

Di bandara, Presiden Jokowi disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri RRT Wu Jiang Hao, Duta Besar LBBP RI Beijing Djauhari Oratmangun dan Atase Pertahanan RI di Beijing Marsma Bayu Hendra Permana.

Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo menuju ke Diaoyutai State Guesthouse tempatnya bermalam.

Saat tiba di Diaoyutai State Guesthouse, tampak menyambut Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Presiden RRT esok hari.

Selain RRT atau China, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke Jepang, dan Korea Selatan yang merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” jelas Retno, dikutip dalam rilis Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI), Sekretariat Presiden.

Retno menjelaskan, Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” ucap Menlu. (R/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)