Sholawat Nabi, Raih Anugerah Allah

Oleh : Ust. , Daโ€™i Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jabar

Salah satu dzikir utama bagi seorang Muslim adalah mengucapkan Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam.

Mengucapkan sholawat Nabi juga merupakan wujud kecintaan seorang Muslim terhadap Nabinya.

Di dalam Al-Quran, Allah menyebutkan :

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุตูŽู„ู‘ููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ููˆุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ู‹ุง

Artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada . Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.โ€ (QS Al-Ahzab [33]: 56).

Pada ayat ini, Allah memuji Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam di hadapan para Malaikat, karena Allah cinta kepada Rasul. Para Malaikat pun memuji Rasul serta mendoakannya.

Demikian juga orang-orang beriman, mengikuti Allah dan para malaikat-Nya, turut memuji Rasul dengan mengucapkan sholawat Nabi.

Ini adalah bentuk pemuliaan, penghormatan dan kecintaan kita terhadap Rasul.

Makna Sholawat Nabi

Sholawat memiliki makna dasar berdoa. Adapun Allah bershalawat kepada Nabi, ย maksudnya adalah Allah memberikan rahmat dan ridha-Nya. Demikian Imam Al-Qurtubi menjelaskan di dalam kitab tafsirnya, Al-Jรขmiโ€™ li Ahkรขmil Qurโ€™รขn.

Sedangkan sholawatnya para Malaikat kepada Nabi, berarti doa dan permohonan ampun (istighfar) mereka bagi Nabi.

Adapun sholawat kita kepada Nabi adalah sebagai pengagungan kita terhadap kedudukan Rasulullah Muhammadย Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam.

Itu semua bukan berarti Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam membutuhkan kita untuk kebaikan diri beliau. Sebab bila Rasulullah membutuhkan terhadap doanya Malaikat dan umatnya yang berupa sholawat Nabi, maka kiranya sholawat Allah kepada Nabi sudah lebih dari cukup.

Perbedaan makna shalawat yang dilakukan oleh Allah dan para Malaikat serta orang-orang beriman semuanya dimaksudkan untuk satu hal, yakni memperlihatkan pengagungan kepada Nabi dan menghormati kedudukan Nabi yang luhur.

Hal ini sama dengan ketika Allah memerintahkan kita untuk selalu mengingat-Nya, bukan berarti Allah butuh diingat oleh hamba-Nya. Namun karena menunjukkan kebesaran dan kedudukan-Nya. Kitalah yang memerlukan Allah. Kitalah yang perlu bersholawat.

Dalam hal ini Imam Fakhrudin Ar-Razi di dalam kitab tafsirย Mafรขtรฎhul Ghaibย menjelaskan โ€œBersholawat kepada Nabi bukanlah karena kebutuhan Nabi. Bila Nabi membutuhkan sholawat, tak ada kebutuhan terhadap sholawatnya Malaikat yang bersamaan dengan shalawatnya Allah kepada Nabi. Sholawat itu hanya untuk menampakkan pengagungan terhadap Nabi, sebagaimana Allah memerintahkan kita untuk mengingat Dzat-Nya sementara Allah tidak memiliki kebutuhan untuk diingat. Hal itu semata-mata karena untuk menampakkan sikap pengagungan terhadap Nabi dari kita dan untuk Allah memberikan pahala bagi kita atas pengagungan tersebut.โ€

Ucapan Sholawat Nabi

Ucapan Sholawat Nabi yang terbaik adalah seperti yang Rasul ajarkan kepada para sahabatnya, yaitu yang biasa kita baca dalam tasyahud.

ุงู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูุŒ ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽุŒ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูุŒ ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ ุฅู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠุฏูŒ.

Artinya: โ€œYa Allah, limpahkanlah sholawat atas Muhammad dan keluarganya sebagaimana telah Engkau limpahkan sholawat atas keluarga Ibrahim. Berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim. Di seluruh alam ini, Engkau Maha Terpuji dan Mahaagungโ€. (HR Muslim dari Abu Masโ€™ud Al-Anshari).

Sholawat Nabi, disebutkan juga dalam hadits :

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู†ูŽุจููŠู‘ูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู

Artinya : โ€œYa Allah, limpahkanlah sholawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad”. (HR Ath-Thabrani).

Ucapan sholawat Nabi yang lebih ringkas, yaitu sholawat Nabi yang biasa diucapkan dan ditulis oleh Salafush Shalih, yaitu :

ุตูŽู„ู‘ูŽูŠ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ

Masih ada juga dari hadits lain, dan ucapan ulama yang dimasukkan ke dalam bacaan sholawat Nabi.

Keutamaan Sholawat Nabi

Selanjutnya, bersholawat kepada Nabi menjadi sarana untuk mendapatkan pahala dan anugerah dari Allah yang berlimpah ruah. Dalam hal ini Rasulullah Shallallahun โ€˜Alaihi Wasallam pernah bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู‹ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุนูŽุดู’ุฑู‹ุง

Artinya: โ€œBarangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.โ€ (HR Muslim).

Pada riwayat lain dari sahabat Anas meriwayatkan sebuah hadits:

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ุจูŽู„ูŽุบูŽุชู’ู†ููŠ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽุตูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุชู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽูƒูุชูุจูŽ ู„ูŽู‡ู ุณููˆูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽุดู’ุฑู ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชู

Artinya: โ€œBarangsiapa yang bershalawat kepadaku maka shalawatnya sampai kepadaku dan aku bershalawat kepadanya dan ditulis baginya selain itu sepuluh kebaikan.โ€ (HR Ath-Thabrani).

Orang yang mendapat shalawat dari Allah berarti dia mendapatkan anugerah yang sangat besar dari-Nya. Hal ini bisa dipahami setidaknya dari ekspresi Rasulullah ketika diberitahu Malaikat Jibril perihal orang yang bersholawat kepada Nabi akan mendapat sepuluh shalawat dari Allah. Saat itu Rasulullah seketika bersujud sangat lama sekali sebagai rasa syukur bahwa umatnya mendapat anugerah yang begitu besar dari Allah hanya dengan bershalawat sekali saja.

Maka, ketika kita membaca sholawat kepada Nabi, pada hakikatnya adalah kita sedang memohon rahmat Allah untuk diri kita sendiri, yang jauh lebih banyak dari rahmat yang kita mohonkan untuk Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam.

Semakin banyak kita bersholawat kepada Nabi, maka akan semakin banyak dan berlimpah pula rahmat Allah yang dianugerahkan kepada kita. Apalagi jika membiasakan diri memperbanyak sholawat kepada Nabi.

Sebaliknya, janganlah kita termasuk orang yang bakhil alias pelit, karena enggan membaca sholawat kepada Nabi. Bahkan saat nama Nabi disebutpun, kita tidak bersholawat.

Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam mengingatkan kita dalam riwayat dari Ali bin Abi Thalib.

ุงู„ุจูŽุฎููŠู„ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู…ูŽู†ู’ ุฐููƒูุฑู’ุชู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ

Artinya : ย โ€œOrang yang sangat pelit adalah orang yang ketika namaku disebut di sampingnya, ia tidak mau membaca shalawat kepadaku.โ€ (HR At-Tirmidzi).

Allaahumma shalli โ€˜alaa Muhammad…… Aamiin. (A/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.