Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Siasat Netanyahu Hindari Surat Perintah Penangkapan ICC

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - 23 detik yang lalu

23 detik yang lalu

0 Views

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Al Manar)

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan sedang bersiasat untuk menghindari surat perintah penangkapan dirinya dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terkait perang genosida di Jalur Gaza, Palestina.

Dilansir dari TRT World, Jumat (13/9), Menteri Kehakiman Israel Yariv Levin pada Rabu (11/9) telah meminta Jaksa Agung untuk meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan atas perang Gaza, dalam upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya demi mencegah surat perintah penangkapan dari ICC.

Menurut laporan Channel 12 pada Rabu, manuver Netanyahu ditujukan untuk memanfaatkan prinsip saling melengkapi. Prinsip ini berpendapat bahwa ICC harus menunda proses hukum domestik jika dianggap memadai.

The Times of Israel juga melaporkan pada hari yang sama, dengan memulai dan kemudian segera menutup penyelidikan domestik, Netanyahu dan Levin ingin menampilkan kedok akuntabilitas kepada ICC, dengan harapan dapat meyakinkan ICC bahwa tuduhan terhadap mereka telah diperiksa secara menyeluruh di Israel, oleh karena itu tidak memerlukan intervensi internasional.

Baca Juga: Komandan Unit Intelijen Israel Mundur karena Kegagalan 7 Oktober 2023

Langkah ini dilakukan di tengah pengawasan ketat dari Kepala Jaksa ICC Karim Khan.

Pada bulan Mei, Khan mengajukan surat perintah penangkapan untuk Netanyahu dan Gallant atas tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Investigasi ICC berfokus pada kejahatan yang terkait dengan perang Gaza, termasuk tuduhan menargetkan warga sipil dan penggunaan kelaparan oleh Israel di Gaza sebagai metode peperangan. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Dewan Mahasiswa Tepi Barat Ajak Dunia Demo Kecam Genosida di Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Kolom
Dunia Islam