SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sidang Isbat Bentuk Pelaksanaan Perintah Agama, Bukan Penghamburan Anggaran

Widi Kusnadi - Ahad, 10 Maret 2024 - 08:14 WIB

Ahad, 10 Maret 2024 - 08:14 WIB

0 Views

PAMEKASAN,20/8 - RUKYATUL HILAL. Seorang petugas melakukan persiapan dengan mencoba teropong yang akan digunakan untuk melihat posisi bulan saat dilakukan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1430 Hijriyah, di Pantai Ambat, Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jatim, Kamis (20/8). FOTO ANTARA/Saiful Bahri/ss/nz/09

Jakarta, MINA – Pusat Observasi Falak (POF) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menilai gelaran sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan dan Syawal merupakan bentuk pelaksanaan perintah agama.

Hal itu disampaikan Ketua POF, Ustadz Najmu Idzharul kepada MINA, Ahad (10/3). Ia menilai, hal itu bukan termasuk penghamburan anggaran karena jelas penggunaaannya, yakni sebagai bentuk melaksanakan syariat.

Ust Najmu juga menyatakan, sidang isbat bukan sekadar seremonial, tetapi ada substansi mendasar, yakni sebagai upaya melaksanakan syariat berdasarkan Al-Quran, hadits dan contoh dari Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam dan para sahabatnya.

Penghamburan uang itu kalau sifatnya bukan keagamaan, atau tidak memiliki dasar yang jelas. Tetapi kalau sidang isbat, hal itu memiliki pijakan hukum yang jelas, baik agama maupun peraturan negara NKRI,” paparnya.

Baca Juga: Komunitas Profesi Aceh Sampaikan 10 Rekomendasi Sikapi Penyakit Judi Online

Kementerian Agama RI akan melaksanakan sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H pada Ahad 10 Maret 2024, bertepatan dengan 29 Sya’ban 1445 H. Pada dasarnya, isbat adalah penetapan dalam menentukan awal bulan hijriyah secara bersama-sama sehingga mengundang maslahat untuk penyatuan umat.

Sidang Isbat dilakukan dengan mengundang berbagai ormas Islam yang memiliki kapasitas di bidangnya, cendikiawan Muslim, tokoh agama dan masyarakat.

Meskipun pada Ramadhan kali ini berpeluang terjadi perbedaan dalam mengawalinya, Kementerian Agama, MUI dan segenap tokoh masyarakat lainnya mangajak umat Islam, khususnya di Indonesia untuk saling menghormati dan tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan. (L/P2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kemenag Umumkan 334 Nama Peserta Calon Imam Masjid UEA

Rekomendasi untuk Anda

Khadijah
Kolom
Tim pemantau rukyatul hilal Kemenag. (sumber: Kemenag)
Indonesia
Indonesia
Palestina
Palestina
MINA Millenia
Khutbah Jumat
Indonesia