Sidang Pra-Dakwaan Netanyahu Dimulai Kembali

Yerusalem, MINA – Sidang pra- tarhadap Perdana Menteri Israel Benjamin dimulai kembali pada hari Rabu (2/10) di Yerusalem, PBS News melaporkan.

Netanyahu saat ini sedang berjuang untuk memperpanjang pemerintahannya menghadapi saingan utamanya, partai Blue and White pimpinan Benny Gantz yang berhaluan tengah.

Benny Gantz menolak bermitra dengan Netanyahu karena kejahatan serius yang dituduhkan kepada perdana menteri tersebut.

Jaksa Agung Israel telah merekomendasikan menuntut Netanyahu atas kasus dugaan suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan dalam tiga kasus terpisah.

Netanyahu membantah melakukan kesalahan dan menyebut tuduhan itu bagian dari pemberitaan yang diatur media.

Tuduhan terhadapnya termasuk kecurigaan bahwa ia menerima ratusan ribu dolar sampanye dan cerutu dari teman-teman miliardernya, menawarkan undang-undang penerbit kritis yang akan melemahkan saingan utama, dengan imbalan perawatan.

Termasuk dugaan menggunakan pengaruhnya untuk membantu raja telekomunikasi kaya raya, dengan imbalan liputan yang menguntungkan di situs berita populer.

Netanyahu telah lama berjanji akan membersihkan namanya di persidangan. Tim pengacaranya tiba di Kementerian Kehakiman di Yerusalem untuk berargumen bahwa semua tuntutan harus dibatalkan.

“Kami akan menyajikan tidak hanya bukti yang semua orang sadari tetapi juga bukti baru. Kami yakin bahwa begitu kami mempresentasikan temuan kami, tidak ada pilihan selain menutup kasus ini, ”kata pengacara Netanyahu Amit Haddad, setelah memasuki persidangan.

“Kami percaya dan tahu bahwa pada akhir hari ketiga kasus harus ditutup,” imbuhnya.

Sesi diharapkan akan diperpanjang selama empat hari.

Mungkin perlu beberapa pekan bagi jaksa agung untuk membuat keputusan terakhirnya.

Namun, para ahli hukum mengatakan kemungkinan sebuah dakwaan sangat tinggi mengingat banyaknya bukti yang dikumpulkan oleh polisi selama bertahun-tahun penyelidikan dan tampaknya ada konsensus penuntut untuk melanjutkan persidangan.

Meskipun Netanyahu tidak akan diminta untuk mundur jika dituntut, dia akan menghadapi tekanan berat dalam pemerintahannya.

Apalagi Netanyahu belum dapat mengumpulkan mayoritas 61 kursi yang diperlukan di parlemen untuk membangun pemerintahan koalisi dan menghadapi perlawanan keras dari saingannya.

Tawaran Presiden Rivlin

Sementara itu, Presiden Reuven Rivlin memilih Netanyahu pekan lalu sebagai kandidat dengan peluang terbaik untuk membentuk pemerintahan.

Langkah itu terjadi setelah Rivlin gagal menengahi pemerintah persatuan antara Netanyahu dan pemimpin Partai Blue and White Benny Gantz dalam beberapa hari terakhir.

Pemerintah persatuan tampaknya menjadi pilihan yang lebih disukai bagi kedua belah pihak, tetapi mereka masih terpisah jauh mengenai siapa yang harus memimpin terlebih dahulu dan seperti apa bentuk koalisi itu.

Netanyahu dan Gantz dijadwalkan akan bertemu lagi pada Rabu, sebelum Gantz tiba-tiba membatalkannya, menandakan kemungkinan gagalnya perundingan.

Rivlin kemungkinan akan menawarkan kesempatan kepada Gantz, untuk menerima peluang.

Jika Rivlin juga tidak berhasil, ia dapat memilih legislator lain atau dia dapat menggerakkan apa yang akan menjadi pemilihan umum ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut hasil resmi akhir dari pemilihan 17 September, Biru dan Putih mendapatkan 33 kursi di parlemen dari 120 kursi. Sedangkan Partai Likud Netanyahu memperoleh 32 kursi.

Gantz unggul dari Netanyahu dengan 55-54 suara anggota parlemen yang merekomendasikan dia sebagai perdana menteri. Tapi belum cukup suara dari minimal 61 suara. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.