Silaturahim Akbar 2021: KA-FOSSEI Berikan Sembilan Anugerah Inspirasi Ekonomi Syariah

Jakarta, MINA – Korps Alumni Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam () kembali mengadakan Silaturahim Akbar (SILAKBAR) pada 2021 ini. Penyelenggaraan SILAKBAR tahun ini dilaksanakan secara daring.

Pada puncak acara, KA- memberikan Anugerah Inspirasi kepada delapan individu dan satu kelompok yang berprestasi dalam pengembangan di Indonesia.

Ketua Umum KA-FoSSEI, Akhmad Akbar Susamto, dalam sambutannya menegaskan peran penting alumni FoSSEI dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

“Tidak hanya di lembaga keuangan syariah, alumni FoSSEI juga berperan melalui berbagai profesi berbeda, mulai dari amil, nazir, dosen, peneliti, aparatur sipil negara, hingga pengusaha,” kata Akhmad dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (1/2).

Agenda ini juga menghadirkan Prof. Muliaman D. Hadad (Duta Besar RI untuk Swiss) untuk memberikan tausyiah singkat pada ajang silaturahmi tersebut.

“Di era pandemi ini, kita menghadapi perubahan pola pengelolaan organisasi. Kita menghadapi pola Ekonomi Islam secara Digital. Sehingga perlu set ulang gaya pergerakan kita, agar tujuan organisasi tetap tercapai. KA-FoSSEI pun harus menjadi pelopor untuk melakukan itu,” ucap Muliaman.

Lebih dari 130 alumni FoSSEI yang turut hadir dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan profesional, aparatur, dosen, peneliti, pengusaha, amil, nazhir, guru, dan berbagai profesi lainnya. Alumni yang hadir tidak hanya dari Indonesia saja, namun juga Malaysia dan Belanda.

Dalam rangkaian agenda SILAKBAR 2021 ini juga mengadakan Temu Nasional Profesi yang diadakan sebelum agenda utama.

Beberapa Temu Nasional yang dilaksanakan diantaranya ialah Temu Nasional Pengusaha, Temu Nasional Amil dan Nazhir, Temu Nasional Dosen dan Peneliti, Temu Nasional Aparatur, Temu Nasional Praktisi Keuangan Syariah serta Temu Nasional Majelis Pimpinan Simpul.

Di akhir acara, Ketua MPP KA-FoSSEI Herlas Juniar mengumumkan pemenang Anugerah Inspirasi KA-FoSSEI. Adapun alumni yang mendapatkan penghargaan anugerah inspirasi KA-FoSSEI tersebut ialah:

Scientific leadership inspiration award – Rahmatina A. Kasri.
Education leadership inspiration award – Dian Masyita.
Aparatur leadership inspiration award – Ali Sakti.
Executive leadership inspiration award – Ahmad Fauzi Nur.
Executive leadership inspiration award – Alfi Wijaya.
Business leadership inspiration award – Krishna Adityangga.
Philanthropy leadership inspiration award – Abdul Ghofur.
Global leadership inspiration award – Hylmun Izhar.
Local initiative inspiration award – Alumni KSEI IAIN Palembang.

KA-FoSSEI merupakan organisasi yang menghimpun para alumni Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dari lebih dari 200 kampus di Indonesia. Saat ini para anggota KA-FoSSEI sudah berkiprah di berbagai bidang baik sektor keuangan maupun sektor nonkeuangan.(R/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)