Sirkuit MotoGP Akan Dibangun di Mandalika, Lombok

Jakarta, MINAStreet Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) MotoGP yang digunakan untuk ajang balap sepeda motor dunia akan segera dibangun di Indonesia, tepatnya di daerah Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sangat mendukung sirkuit yang akan dikerjakan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) tersebut.

“Senang sekali mendengar ini, MotoGP sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Jika ada di negara kita pasti sangat banyak yang menonton, daripada harus ke Malaysia seperti sekarang,” kata Menteri Imam kepada para wartawan seperti yang dikutip dari Indonesia.go.id.

Menpora berencana menemui Menteri Pariwisata dan pihak-pihak terkait guna memberikan dukungan dan terus mempromosikan agar sirkuit tersebut segera terwujud.

Sementara itu, Direktur utama ITDC, Abdulbar Mansoer menyampaikan rencana pembangunan Sirkuit MotoGP telah diadakan MoU dengan investor VINCI Construction.

“Ada beberapa alasan untuk pemilihan wilayah Mandalika ini. Eksotik areanya sehingga sangat menarik minat wisatawan terutama para wisman (turis asing) dan dengan pengembangan wisata olahraga akan mempercepat pemulihan Lombok dari trauma musibah gempa yang menimpa pada tahun lalu,” ungkap Mansoer.

Sebelumnya Ia juga telah meminta dukungan dari pemerintah terutama kepada Kemenpora untuk mewujudkan impian para pecinta MotoGP dan seluruh rakyat Indonesia ini.

“Pak Menteri kami perlu suport dan promosi yang kuat, kalau kita mau Maret 2021 MotoGP bisa di Indonesia. Investor sudah siap membangun Mandalika, dengan hadirnya sport turism akan mempercepat recovery Lombok,” katanya. (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)