Situasi Berbagai Masjid di Palestina dalam Gerakan Subuh Agung

Ramallah, MINA – Puluhan ribu kaum Muslimin berkumpul di masjid-masjid di seluruh wilayah pada Jumat (28/2) melanjutkan gerakan yang sudah berjalan sekitar sebulan.

Laporan Al-Wathan menyebutkan, ribuan jamaah terutama tampak di kompleks Masjid Al-Aqsa dan Masjid Ibrahimi, dua masjid utama, walau di tengah penjagaan ketat pasukan keamanan Israel.

Para penceramah dalam penyampaiannya usai shalat Subuh menekankan hal yang sama, tentang perlunya terus membuat gerakan perlawanan terhadap pendudukan. Terutama melawan tindakan-tindakan yahudisasi yang semakin arogan dari pendudukan Israel  dan pemukimnya, paska pengumuman Presiden AS Donald Trump tentang rencana sepihak Kesepakatan Abad Ini.

“Semua rencana pendudukan akan terpatahkan oleh kehendak Palestina dan mereka tidak akan dapat sepenuhnya mengendalikan Palestina, termasuk Yerusalem,” ujar peneceramah.

Para penceramah menekankan perlunya untuk terus melanjutkan gerakan Subuh Agung untuk melindungi Yerusalem dari rencana pendudukan.

Para jamaah di Masjidil Aqsa menyerbu penjagaan pasukan pendudukan memasuki Al-Aqsa. Sementara sebagian lainnya yang tertahan, melakukan shalat Subuh berjamaah di depan pintu utama Gerbang ar-Rahmah.

Para pemuda dan sukarelawan membagikan air minum, permen dan sarapan pagi kepada para jamaah setelah shalat Subuh.

Suasana di Masjid Ibrahimi, Hebron, juga terlihat ribuan jamaah memadati masjid yang sebagiannya diklaim milik yahudi.

Di Nablus, ratusan jamaah berkumpul untuk salat Subuh di Masjid Al-Nasr. Jamaah membludak hingga ke lapangan masjid. Jamaah datang dari desa-desa sekitarnya, Asira Al-Shamalia, Asira Al-Qibliya, dan Saneria.

Di Ramallah dan Al-Bireh, ratusan umat Muslim juga berkumpul untuk Subuh Agung di Masjid Jami’ Bireh, Masjid Umm Al-Sharayet, dan sejumlah masjid di kota-kota dan desa-desa. Seruan kencang terdengar dari pengeras suara di Bundaran Al-Manara di bawah slogan “Al-Fajr al-Adzim.”

Ratusan jamaah lainnya juga menjawab panggilan Subuh Agung di sejumlah masjid di Tulkarm, Qalqilya, Jenin, Tubas, Betlehem, Jericho dan Salfit, dan masjid-masjid di desa-desa dan kota-kota. Termasuk puluhan masjid di Jaur Gaza. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.