SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Solidaritas untuk Wartawan Palestina, AWG Usulkan Bentuk Forum Jurnalis Indonesia-Gaza

Arina Islami - Ahad, 31 Maret 2024 - 00:34 WIB

Ahad, 31 Maret 2024 - 00:34 WIB

1 Views

Jakarta, MINA – Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG), Nur Ikhwan Abadi, mengapresiasi inisiatif Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dalam mendukung para jurnalis di Gaza dengan menggelar aksi solidaritas bertajuk “Bantu Jurnalis Lokal Beritakan Gaza.” Nur Ikhwan pun mengusulkan agar dibentuknya forum jurnalis Indonesia-Gaza.

AJI Jakarta menggandeng beberapa NGO dan media yang memiliki kepedulian dengan Palestina, antara lain AWG, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Mi’raj News Agency (MINA), Radio Silaturahim (Rasil), dan Al Jamaah TV Official.

“Kami sangat mengapresiasi acara yang dilakukan oleh AJI Jakarta. Ketika kami sampaikan kepada teman-teman wartawan lokal di Gaza, mereka menyambut dengan sangat antusias,” ujar Nur Ikhwan dalam sesi talkshow pada kegiatan yang dilaksanakan di markas AJI Jakarta, Kalibata, Jakarta pada Sabtu (30/3).

“Kami juga berharap acara dari AJI Jakarta dan komunitas yang ada ini (AWG, MER-C, MINA, Rasil, Al Jamaah) tidak berhenti di sini. Kalau memang perlu diadakan forum misalkan Forum Jurnalis Indonesia-Gaza, mereka (jurnalis Gaza) sangat ingin itu karena beberapa kali ketika kami kembali ke Indonesia, para jurnalis itu selalu mengirimkan berita tapi saya bilang, saya bukan dari media. Lalu mereka bertanya, bisa enggak kami dikenalkan dengan media kalian (media Indonesia),” tambah Nur Ikhwan.

Baca Juga: Tawanan Israel Stress Coba Bunuh Diri

Relawan pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza itu kembali menekankan harapannya agar forum untuk mendukung jurnalis Gaza ini tetap berlanjut.

“Sehingga pemberitaan-pemberitaan yang ada di Gaza bisa kita dapat dari tangan pertama,” pungkas Nur Ikhwan.

Selain Nur Ikhwan Abadi, aksi tersebut pun menghadirkan narasumber-narasumber kredibel lainnya seperti Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad, Fotografer Agence France-Presse (AFP) Lastri Berry Wijaya, serta Jurnalis BBC Heyder Affan.

Tidak hanya talkshow, acara yang berlangsung mulai pukul 14.30 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa itu, dimeriahkan pula dengan penampilan musisi yang konsen menyuarakan isu-isu sosial termasuk Palestina lewat lagu-lagunya yaitu Almamosca and Band. Dilengkapi juga dengan stand up comedy oleh Alwi Shihab yang menyuarakan kritik terhadap pemerintah melalui lelucon.

Baca Juga: Pejabat Israel Saling Tuding Soal Kepadatan Penjara

Kegiatan solidaritas ini dapat disaksikan secara lengkap di kanal YouTube MINANews TV, Al Jamaah TV Official, dan Rasil TV.

Melalui aksi solidaritas untuk jurnalis Gaza ini, AJI Jakarta membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin memberikan donasinya untuk jurnalis lokal Gaza yang menjadi target pasukan Zionis Israel.

Bantuan kemanusiaan itu dapat dikirim melalui Bank Mandiri a.n Jurnalis Independen nomor rekening 1240005284295. Layanan ini dibuka hingga 30 April 2024 dan akan disalurkan melalui Aqsa Working Group (AWG). (L/Ai/ri-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: 8.672 Pelajar Palestina Syahid Sejak 7 Oktober 2023

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Indonesia
Palestina
Palestina