Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Spanyol Akan Bawa Israel ke Mahkamah Internasional

Hasanatun Aliyah - Selasa, 17 Oktober 2023 - 21:37 WIB

Selasa, 17 Oktober 2023 - 21:37 WIB

0 Views

MADRID, SPAIN - OCTOBER 12: Minister of Social Rights and 2030 Agenda Ione Belarra attend the National Day Military Parade on October 12, 2023 in Madrid, Spain. (Photo by Carlos Alvarez/Getty Images)

Madrid, MINA – Menteri Hak Sosial Spanyol Ione Belarra merencanakan untuk membawa Israel ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas “kejahatan perang,” di Jalur Gaza, Palestina.

Belarra dalam unggahan videonya di media sosial X mengatakan, Uni Eropa dan AS terlibat dalam kejahatan perang yang dilakukan Pendudukan Israel.

“Hari ini kami ingin menyuarakan kecaman bahwa Israel sedang melakukan genosida terencana di Jalur Gaza, menyebabkan ratusan ribu orang tanpa penerangan, makanan dan air dan melakukan pemboman terhadap penduduk sipil yang merupakan hukuman kolektif, pelanggaran serius hukum internasional dan dapat dianggap sebagai kejahatan perang,” kata Ballera, dikutip dari Middle East Monitor, Selasa (17/10).

Ia juga meminta warga Spanyol turun ke jalan untuk menuntut  negaranya menjauhkan diri dari dukungan Amerika yang tak tergoyahkan terhadap Israel dan menyerukan negara-negara Selatan untuk mencari solusi.

Baca Juga: Israel Perpanjang Penutupan Media Al-Jazeera di Palestina

“Sepuluh hari (sejak Sabtu, 7/10) pemboman Israel di Gaza, lebih dari satu juta orang (hampir setengah total penduduk Gaza) terpaksa mengungsi,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Spanyol, Yolanda Diaz, pada Jumat (13/10) di media sosial X meninta komunitas internasional untuk memberikan tekanan pada Israel agar menghindari “pembantaian” di Gaza.

Dia meminta Spanyol dan Uni Eropa “untuk segera melakukan mobilisasi demi perdamaian.”

PBB telah memperingatkan bahwa perintah Israel untuk mengevakuasi bagian utara Gaza di tengah pemboman yang terus-menerus tidak mungkin dilakukan “tanpa konsekuensi kemanusiaan yang menghancurkan.”

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

Spanyol adalah salah satu dari sedikit negara Barat yang mengumumkan peningkatan bantuannya ke Palestina di tengah konflik.(T/R5/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sebanyak 35.000 Warga Palestina Shalat Jumat di Masjid Al Aqsa

Rekomendasi untuk Anda