Spanyol Larang Kapal Bawa Senjata ke Israel di Pelabuhannya

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares. (Foto: dok. Press TV)

Madrid, MINA – Pemerintah Negara Spanyol melarang kapal-kapal yang membawa senjata ke Israel berlabuh di pelabuhannya.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albarez, setelah Spanyol menolak mengizinkan kapal berlabuh di pelabuhan Cartagena, sebelah tenggara negara tersebut.

“Ini adalah pertama kalinya kami melakukan (pelarangan) ini, karena ini adalah pertama kalinya kami melihat sebuah kapal yang membawa kiriman senjata ke Israel ingin berlabuh di pelabuhan Spanyol,” kata Menteri Albarez menjelaskan dalam konferensi pers di Brussels, Jumat (17/5), dikutip Qudspress.

Albarez menekankan bahwa negaranya akan melakukan hal yang sama terhadap kapal mana pun yang membawa senjata ke Israel yang ingin berlabuh di pelabuhan Spanyol.

Baca Juga:  PPS: 640 Anak Palestina Diculik Sejak Israel Mulai Agresi di Gaza

“Kementerian Luar Negeri akan secara sistematis menolak operasi docking ini karena alasan yang jelas. Timur Tengah tidak memerlukan lebih banyak senjata, namun memerlukan lebih banyak perdamaian,” tegasnya.

Albarez menyatakan bahwa kapal tersebut merupakan kapal pertama yang dilarang berlabuh di pelabuhan Spanyol, seraya menyatakan bahwa hal ini konsisten dengan keputusan pemerintah untuk tidak memberikan izin ekspor senjata ke Israel sejak 7 Oktober 2023, karena Spanyol tidak ingin berkontribusi pada perang tersebut.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)