Spanyol Umumkan Dana Tambahan 5 Juta Euro untuk Pengungsi Palestina

Foto: istimewa

Yerusalem, MINA – Pemerintah Spanyol mengumumkan dana tambahan 5 juta euro untuk Badan Pemulihan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di timur dekat (UNRWA).

Dana tersebut disampaikan oleh Wakil Konsul Sofia Ruiz del Árbol dan Kepala Kerja Sama, Eva Suárez Leonardo dari Konsulat Jenderal Spanyol di Yerusalem saat bertemu dengan Marc Lassouaoui, Penjabat Direktur Kemitraan UNRWA, Selasa (29/12), Wafa melaporkan.

Dengan dana tambahan itu, total kontribusi Spanyol tahun ini untuk UNRWA adalah 12 juta euro.

Bantuan Spanyol tersebut amat berharga bagi UNRWA yang saat ini mengalami krisis keuangan untuk melayani kebutuhan dasar pengungsi Palestina di berbagai wilayah.

“Spanyol akan tetap berkomitmen untuk pengungsi Palestina dan UNRWA hingga tercapainya solusi akhir yang akan membawa warga Palestina mencapai tujuan pembangunan dan kebutuhan serta memastikan akses ke layanan kesehatan dan pendidikan,” kata Ruiz del Árbol.

Sementara itu Marc Lassouaoui, menyampaikan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Spanyol atas dukungannya yang berkelanjutan kepada UNRWA.

“Kami sangat berterima kasih atas sumbangan yang murah hati ini, meski Spanyol sendiri sedang menghadapi kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Ini adalah sinyal kuat bahwa Spanyol memberikan prioritas untuk mendukung pengungsi Palestina. Ini juga menyoroti pentingnya pemerintah Spanyol melekatkan stabilitas di kawasan Timur Tengah.,” ujarnya.

Pemerintah Spanyol telah lama menjadi pendukung dan mitra strategis UNRWA. Pada 2019, Spanyol menyumbang lebih dari 9 juta euro untuk mendukung layanan vital kepada sekitar 5,6 juta pengungsi Palestina di Timur Tengah. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)