SPM Kecam Serangan Israel ke Gaza Awal Ramadhan Lalu

(kiri-kanan) Syaikh Palestina Muhammad Hasna, Ust Amrozi M Rais (Presiden SPM), Syaikh Palestina Dr. Hatim Owaedah, Opick Tomboati (musisi), Ali Amril (Dirut Qupro Indonesia).(Foto: Istimewa)

Tangerang, MINA – Lembaga kemanusiaan Sahabat Memanggil () mengecam keras serangan Israel ke Jalur , Palestina, pada awal Ramadhan tahun ini, Jumat-Sabtu (3-5/5) lalu.

Hal ini diungkapkan Presiden SPM Amrozi M.Rais, pada acara Konser Amal Kemanusiaan “Gaza Kembali Berduka”, di Tangerang, Banten, Ahad (19/5).

Amrozi menjelaskan, lebih memprihatinkan serangan tersebut menargetkan rakyat sipil Palestina dan lembaga-lembaga sosial yang selama ini membantu penderitaan warga Palestina akibat agresi dan blokade Israel di Jalur Gaza.

“Zionis Israel, seperti biasa, tidak mengindahkan hukum internasional dan melanggar HAM serta prinsip keadilan dan kemanusiaan. Ini bukan pertama kalinya Israel menargetkan lembaga-lembaga sosial yang selalu membantu warga Palestina yang menderita akibat perilaku jahat Israel,” terangnya.

Untuk itu, lewat pernyataan sikapnya, SPM mengungkapkan rasa solidaritasnya kepada lembaga-lembaga sosial di Gaza yang kantornya ikut menjadi bagian dari target serangan Israel.

“Kami mengajak lembaga-lembaga kemanusiaan, lembaga-lembaga HAM internasional, regional dan nasional untuk  ikut bergerak mengecam kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina dan LSM-LSM yang membantu mereka,” tegas Amrozi.

Dia lebih lanjut menuturkan, SPM tak hanya berhenti pada pernyataan sikap mengecam, tapi juga telah bergerak memberikan bantuan kepada warga Palestina, terkhusus mereka yang tinggal di pengungsian-pengungsian sepanjang Jalur Gaza, selama Ramadhan ini.

Menurutnya kondisi Gaza, saat ini, sangatlah memprihatinkan di mana mereka telah 13 tahun diblokade Israel. Sementara di sisi lain, rakyat Gaza sangat keterbatasan dalam hal makanan, minuman dan obat-obatan.

“Untuk itu, kami juga menyerukan kepada para dermawan dan donatur di Indonesia untuk menyalurkan bantuannya ke lembaga-lembaga kemanusiaan yang fokus dengan isu kemanusiaan Palestina, agar bisa meringankan beban yang dialami oleh rakyat Gaza,” tambahnya.(L/R01/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.