Sudah Ditangkap 19 Pelaku Pemboman di Madinah, Qatif, dan Jeddah

Riyadh, 4 Syawwal 1437/9 Juli 2016 (MINA)  – Juru bicara Kementerian Dalam Negeri , Mayor Jenderal Mansour Al-Turki,  mengungkapkan, telah menangkap 19 pelaku yang melakukan serangan teror baru-baru ini di , Jeddah, dan Qatif.

“Sebagai hasil dari tindak lanjut dan penyelidikan intensif, 19 orang – 7 Warga Negara dan 12 Warga Negara Pakistan – terlibat dalam serangan teroris di Madinah, Qatif, dan Jeddah, telah ditangkap,” kata Al-Turki Kamis 7/7 sebagaimana dilaporkan IINA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Al-Turki mengatakan bahwa penyelidikan mengungkapkan seorang pelaku teror yang melakukan serangan di tempat parkir di sekitar Masjid Nabawi teridentifikasi bernama Naer Musllam Hammad al-Nijaidi Al-Balawe, WN Saudi, usia 26 tahun. Ia pernah memiliki catatan sebagai pengguna narkoba.

Dari hasil identifikasi terhadap pelaku bom bunuh diri di Qatif, diketahui pelakunya adalah: Abdurrahman Shaleh Muhammad Al-Imir, usia 23 tahun, pernah ditahan dua tahun lalu karena terlibat demonstrasi yang menuntut pelepasan mereka yang ditahan karena kasus terorisme; Ibrahim Shaleh Muhammad Al-Imir, usia 20 tahun; dan Abdul Karim Ibrahim Muhammad Al-Husini, usia 20 tahun

Mereka adalah orang Saudi yang belum memperoleh kartu identitas nasional.

Hasil pemeriksaan terhadap material yang didapatkan dari lokasi ledakan, ditemukan adanya sisa-sisa bahan peledak Nitroglycerin. Bahan yang sama ditemukan pada ledakan di parkiran mobil RS Sulaiman Al-Fakih Jeddah. Otoritas yang berwenang saat ini masih terus melakukan pemeriksaan lanjutan terkait hal tersebut.

Otoritas Keamanan saat ini masih melanjutkan investigasi kejahatan aksi terorimse dimaksud. Keterangan pers lanjutan akan disampaikan bersama bukti-bukti pendukung lainnya. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.