Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sudah Selesai 15 Juz, Kemenag Susun Terjemahan Al-Qur’an Bahasa Betawi

Insaf Muarif Gunawan Editor : Widi Kusnadi - Kamis, 11 Juli 2024 - 17:03 WIB

Kamis, 11 Juli 2024 - 17:03 WIB

19 Views

Jakarta, MINA – Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Balitbang Diklat Kemenag)  sedang susun penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa Betawi. Penerjemahan Al-Qur’an sudah menyelesaikan 15 juz.

Dalam waktu empat bulan ini kita sudah menyelesaikan penerjemahan 15 juz ke dalam Bahasa Betawi,” ucap Kaban Litbang dan Diklat Kementerian Agama Suyitno saat memberikan arahan pada Pembahasan Penerjemahan Al-Qur’an Bahasa Betawi di Jakarta, Rabu (10/7), demikian keterangan yang diterima MINA.

Suyitno mengatakan, Bahasa Betawi adalah bahasa yang familiar di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, penggunaan bahasa yang tepat dan sesuai sangat penting untuk memastikan tidak terjadi kesalahan saat diterbitkan.

“Selain melibatkan ahli bahasa lokal, penerjemahan Al-Qur’an juga perlu memperhatikan sisi penafsiran. Tidak sekadar menerjemahkan, tetapi harus melibatkan ahli tafsir,” tuturnya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Program penerjemahan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkaya khazanah budaya lokal, tetapi juga untuk mengukuhkan nilai-nilai moderasi beragama di tengah masyarakat yang majemuk. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta harmoni sosial yang lebih kuat dan saling menghormati di antara berbagai komunitas yang ada di Indonesia.

Sebagai upaya penguatan Moderasi Beragama (MB), sejak beberapa tahun lalu Balitbang Diklat Kemenag telah melakukan penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah.

“Salah satu indikator penting dalam MB adalah apresiasi terhadap budaya dan kearifan lokal. Orang-orang sering mengatakannya from local to global, dari bahasa daerah kita bawa ke dunia,”

“Ini sekaligus merupakan langkah penting pemerintah dalam melestarikan budaya lokal melalui pendekatan keagamaan,” ucapnya.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Sebagai informasi, bedasarkan website Wikipedia, Suku Betawi (bahasa Betawi: Orang Betawi) adalah salah satu suku bangsa di Indonesia yang memiliki kekerabatan etnis dengan Melayu, Sunda, dan Jawa. Umumnya, Orang Betawi mendiami wilayah Jakarta dan daerah sekitarnya.

Kemunculan Betawi pertama kali pada abad ke-18 sebagai suatu komunitas dari beberapa etnis yang menetap di Batavia. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Haji 1445 H
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia