Sudan Beri Pelatihan Militer dan Keamanan kepada Somalia

Khartoum, 16 Jumadil Awwal 1437/ 23 Februari 2016 (MINA) – Kementerian Luar Negeri , Selasa (23/2) sore, melaporkan bahwa Pemerintah Sudan selama ini telah menjadi tuan rumah bagi sekitar enam ribu mahasiswa untuk mengadakan pelatihan polisi keamanan dan pelatihan .

Menteri Luar Negeri (Menlu) Sudan, Prof. Dr. Ibrahim Ghandour dalam lawatan resminya ke Istanbul, kemarin, dalam rangka mengikuti Forum Internasional  tentang Pembahasan Situasi Somalia, menyerukan perlunya meningkatkan dukungan internasional untuk Somalia, baik dukungan secara politik maupun finansial.

Sementara itu, dia juga mengatakan dalam sambutannya di KTT untuk Somalia itu bahwa Sudan akan terus memberikan dukungan kepada Somalia di berbagai hal selama dekade terakhir, meski negara Afrika Utara itu sendiri memiliki keterbatasan.

Dalam Forum Internasional tersebut secara resmi dibuka oleh Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan, dan Presiden Somalia, Hasan Syekh Mahmud. Wakil Sekjen PBB, Eliasson, juga bersama dengan beberapa delegasi dari sejumlah para menlu dari Afrika, Eropa, dan Timur Tengah.

Para Menlu tersebut Mengucapkan Terima Kasih dan penghargaan  setinggi-tingginya Kepada Pemerintah Turki atas terlaksana Forum Internasional, khusus tentang Somalia. Dan menekankan pentingnya menjaga  Peran didalam  forum ini dalam rangka upaya bersama menciptakan Stabilitas keamanan dan perdamaian yang Komprehensif di Somalia.

Koresponden MINA melaporkan bahwa jumlah mahasiswa Somalia di Sudan cukup banyak, seperti di beberapa kampus misalnya di Internasional University of Africa yang hampir ratusan maupun di kampus-kampus lain di luar ibu kota Khartoum. Mahasiswa Somalia ada yang diberikan beasiswa ataupun yang bayar baik bidang umum maupun keagamaan.(L/K06/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)