Sudan Ingin Terus Kembangkan Hubungan dengan Uni Eropa

Khartoum, 28 Jumadil Akhir 1437/7 April 2016 (MINA) – Wakil Presiden Sudan Jenderal Bakri Hassan Saleh mengatakan, Pemerintah Sudan ingin terus mengembangkan hubungan dengan Uni Eropa.

Jenderal Saleh mengatakan, Sudan memiliki kemampuan politik yang kuat agar nantinya secara luas dan aktif bisa mengatasi masalah kemiskinan dan migrasi.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum melaporkan, pernyataan itu disampaikan ketika Wakil Presiden menerima delegasi dari Uni Eropa Bidang Kerjasama Internasional Nevin Lemeka di Istana Presiden Sudan, Rabu (6/4).

Koresponden MINA mengatakan, pihak Uni Eropa mengapreasiasi dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Sudan atas kerjasamanya mengatasi masalah imigrasi yang selama ini telah di kerjakan, termasuk imigran dari Suriah dan negara-negara tetangga lainnya.

Sementara itu, Uni Eropa dan dunia internasional akan siap membantu Sudan untuk memulihkan kembali masalah-masalah eksternalnya, termasuk mengatasi dan mengangkat sanksi ekonomi Amerika Serikat yang sudah berjalan hampir 20 tahunan.

Pihak Uni Eropa juga mencatat, Sudan mempunyai peran yang sangat aktif dan penting di kawasan regional.

Wakil Presiden Sudan menegaskan bahwa negaranya perlu ada dukungan yang kuat untuk mencapai itu semua. (L/K06/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)