Sukamta: Pemerintah Tak Boleh Kompromi dengan Israel Soal Visa

Jakarta, MINA – akhirnya membatalkan rencana larangan kunjungan warga negara Indonesia ke Israel. Sebelumnya diberitakan Indonesia sempat akan membuka peluang bagi warga Israel yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI menegaskan bahwa Indonesia seharusnya mencari solusi yang ditempuh bukan dengan cara saling kompromi bebas berkunjung.

“Saya berharap pemerintah dan segenap komponen bangsa Indonesia tetap konsisten untuk tidak kompromi dan tunduk pada negara penjajah. Sesuai dengan amanat konstitusi kita yang secara tegas anti dengan penjajahan,” kata Sukamta dalam keterangan persnya, Jumat (6/7).

Sekretaris Fraksi PKS ini menjelaskan, wacana kebijakan visa bagi warga Israel ke Indonesia itu anomali, karena tak punya hubungan diplomatik. Hal ini bisa kontraproduktif dengan upaya pemerintah RI yang selama ini mendukung kemerdekaan dan mengecam aksi penjajahan Israel.

“Jika misalnya ada pihak-pihak tertentu dari bangsa ini yang ingin membuka dialog dengan Israel terkait visa atau yang lebih jauh lagi terkait pembukaan hubungan diplomatik, maka itu bisa dipastikan bukan mewakili sikap pemerintah dan bangsa Indonesia,” katanya.

Menurutnya, itu hanya segelintir oknum yang bisa berpotensi memecah kekuatan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina serta sebagai bangsa yang anti terhadap penjajahan yang dilakukan Israel,” katanya. (R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.