Sulsel Gelar MTQ secara Virtual, Bisa Jadi Rujukan

(Foto: Kemenag)

Pangkep, MINA – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an () Tingkat Provinsi ke-31. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, kali ini MTQ akan dilaksanakan secara guna mencegah penyebaran di Sulsel.

Pelaksanaan MTQ pertama kali secara virtual di Sulsel ini bisa menjadi rujukan bagi 18 provinsi lainnya di Indonesia yang belum melaksanakan MTQ, demikian keterangan pers Kemenag.

MTQ ke-31 Tingkat Provinsi ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dengan dihadiri oleh undangan terbatas, di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, Jumat (28/8).

Pembukaan MTQ ke-31 ini juga diikuti dan disaksikan oleh masyarakat di 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selayan, bahkan di seluruh dunia melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming.

“Banyak yang pesimis dengan keberanian Sulsel menggelar MTQ ini secara virtual. Namun Sulsel akan menjadi rujukan bagi 18 provinsi lainnya di Indonesia yang belum melaksanakan MTQ jika kegiatan ini berhasil,” ungkap Kakanwil Kementerian Agama Anwar Abubakar yang turut hadir dalam pembukaan tersebut.

Ia menambahkan, bahwa Al-Qur’an adalah mukjizat. “Berkah yang ada padanya (Al-Qur’an), akan membuat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 ini insyaallah dapat segera berlalu,” tuturnya.

Senada dengan Anwar, Gubernur Nurdin Abdullah juga mengapresiasi gelaran MTQ secara virtual yang pertama kali dilaksanakan di Sulawesi Selatan ini. “Harapan saya, MTQ yang dilaksanakan secara virtual akibat pandemi cobid 19 ini tidak mengurangi semangat para peserta. Karena MTQ ini justru disaksikan oleh banyak orang dibanding MTQ sebelumnya. Bahkan dapat disaksikan diseluruh dunia secara live,” ujar Nurdin.

Ia menuturkan, MTQ ini merupakan momentum strategis dalam rangka meningkatkan kapabilitas umat Islam, di samping juga sebagai ajang menampakkan prestasi maksimal dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an sekaligus membumikan Al-Qur’an.

Tampak hadir pada acara pembukaan ini, Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, para pejabat Forkopimda Kabupaten Pangkep, Kabiro Kesra Setda Prov.Sulsel, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel dan para Kepala OPD Setda Kabupaten Pangkep.

Ketua Panitia MTQ ke-31 Andi Ilham Zainuddin melaporkan bahwa MTQ di Pangkep kali ini mempertandingkan delapan Cabang lomba yang terbagi dalam 22 golongan cabang lomba, dan diikuti oleh 1.035 peserta yang akan dinilai oleh 30 anggota Dewan Hakim.

Seluruh rangkaian acara pembukaan MTQ ke-31 yang mengangkat tema “Dengan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 kita tingkatkan SDM yang unggul untuk mewujudkan generasi Qur’ani” ini, diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kakan Kemenag Kabupaten Pangkep Dr H Jamaruddin. (R/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.