Sumber Diplomatik: Israel Sudah Puas dengan Perang Suriah

Tentara Israel kembali dari wilayah Lebanon Selatan dalam perang Lebanon. (Foto: David Guttenfelder/AP)

Beirut, 16 Syawwal 1438/10 Juli 2017 (MINA) – Seorang sumber diplomatik mengatakan bahwa Israel tidak akan melakukan perang ke Lebanon dalam waktu dekat, sebab otoritas Yahudi itu sudah merasa lega atas perang yang terjadi di Suriah.

“Tidak ada yang akan mendapatkan keuntungan dari itu sekarang,” kata sumber yang tidak disebutkan namanya itu di surat kabar Al-Mustaqbal, Ahad (9/7/2017). Ia mengesampingkan kemungkinan terjadinya perang antara Israel dan Hizbullah Lebanon.

Komentar tokoh diplomat itu menyikapi ketegangan yang muncul baru-baru ini antara Israel dan Hizbullah yang saling ancam. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Israel telah mengancam akan menghancurkan sebuah bangunan yang dicurigai adalah pabrik senjata milik Iran di Lebanon. Israel juga menuduh Hizbullah memperluas pos pengintaiannya di sepanjang perbatasan di bawah naungan sebuah LSM lingkungan.

Sementara itu, Pemimpin Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah juga memperingatkan Israel agar tidak menyerang Lebanon atau Suriah. Ia mengatakan bahwa “ratusan ribu” pejuang Arab dan Muslim siap menyerang balik jika itu terjadi. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)