SWEDIA DUKUNG CABUT PENGEPUNGAN JALUR GAZA

Swedia Dukung Kemerdekaan Palestina (Foto : Memo)
(Foto : Memo)

Gaza, 16 Sya’ban 1436/3 Juni 2015 (MINA) – Sedikitnya 150 para peserta mengangkat bendera Palestina, Turki dan Swedia di marina Malmo Swedia untuk mendukung mencabut pengepungan terhadap Jalur Gaza.

Para peserta termasuk warga Palestina maupun pendukung Arab dan Eropa, menuntut pencabutan blokade Gaza guna mengakhiri penderitaan rakyat Palestina sebagaimana laporan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Gaza hingga kini masih terus bertahan dan berjuang untuk mengatasi segala kekurangan seperti bahan makanan, obat-obatan dan listrik. Semua kondisi itu disebabkan blokade penjajah Zionis yang sudah berlangsung sejak tahun 2007 silam.

Koordinator umum Miles of Smiles, Dr Isam Yousef,  yang berpartisipasi dalam acara tersebut, mengatakan,  “Peristiwa tersebut datang dalam kesempatan ulang tahun kelima dari serangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara di perairan internasional lepas pantai Gaza.

Ia menambahkan, dukungan dan upaya internasional untuk mencabut blokadi Gaza sangat dinanti-nanti  untuk memecahkan blokade Israel, terutama armada ketiga, yang bersiap untuk menerobos blokade ini dan memasuki Gaza pada akhir bulan ini.

Aksi demonstrasi di laut Swedia itu merupakan bagian dari demonstrasi laut di ibukota Denmark Kopenhagen, Genoa di Italia dan Khartoum di Sudan, aksi semacam itu menjadi hal yang populer juga di Turki, Aljazair dan Belanda. (T/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

https://www.middleeastmonitor.com/news/europe/18983-swedish-naval-protest-in-support-of-lifting-the-siege-on-gaza

 

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0