Syafruddin: Jaga Kualitas Pelayanan Jamaah Haji

Jakarta, MINA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) baru saja didaulat menjadi Majelis Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia ().

Syafruddin mengatakan, tugas ini merupakan panggilan jiwa dan bagian dari ibadah. Dia pun mengapresiasi keberadaan FKAPHI, yang menurutnya merupakan organisasi yang memiliki kegiatan sangat baik untuk meningkatkan pelayanan haji Indonesia.

“Petugas haji dari tahun ke tahun kualitasnya semakin baik, jangan sampai turun. Forum ini menjadi perekat bagi para petugas haji agar dapat terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh umat,” kata Syafruddin dalam pernyataan di Jakarta, Senin (1/7).

Menurut Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu, asal Indonesia dikenal sebagai jamaah yang tertib saat menjalankan ibadah haji dan umrah. Banyak negara Islam yang memberikan pujian terkait hal tersebut.

“Saat saya sedang bertugas dan menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu masjid tertua di Georgia, imam masjid tersebut memberikan pujian kepada umat Islam Indonesia,” ungkap Syafruddin.

Untuk itu ia berpesan agar seluruh petugas haji Indonesia bekerja dengan profesional dan ikhlas untuk membantu para jamaah menyempurnakan ibadahnya. “Semoga tahun ini pelayanan yang diberikan lebih baik lagi, apalagi kuota haji kita sudah ditambah tahun ini,” harap Syafruddin.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina FKAPHI yang juga menjabat sebagai Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi H Dasir bersyukur Menteri Syafruddin menerima untuk menjadi Majelis Dewan Kehormatan FKAPHI.

“Ini menjadi penyemangat bagi kami dan seluruh anggota FKAPHI dalam menjalankan tugas,” paparnya.

Khoirizi mengatakan setiap tahun terdapat 4100 petugas haji Indonesia. Potensi ini dapat dimanfaatkan agar kualitas ibadah haji jamaah Indonesia semakin meningkat.

“Jumlah alumni petugas haji yang begitu banyak dapat diberdayakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sehingga jamaah tidak kebingungan saat manasik haji,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)