Syukuran Kemenangan Erdogan dalam Pilpres Turki Digelar di Aceh

Banda Aceh, MINA – Kemenangan Recep Tayyib Erdogan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di Turki bukan hanya dirayakan dan disyukuri oleh umat Islam di berbagai belahan dunia, namun juga dirayakan dan disyukuri di Aceh.

Acara syukuran yang digelar Komunitas Persaudaraan Aceh–Turki ini digelar pada hari Kamis (5/7) setelah Ashar di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Luengbata, Banda Aceh.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Himpunan Ulama Dayah Aceh, Tgk Bulqaini Tanjungan yang juga pemilik tempat acara.

Pembicara selanjutnya yaitu Darlis Azis, mahasiswa asal Aceh di Turki yang juga ketua Ikatan Mahasiswa Aceh Turki (IKAMAT). Berikutnya yaitu Thayeb Loh Angen, jurnalis dan juga aktivis di Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT), dan Hilal Nasruddin, Lc, Perwakilan Komunitas Sahabat Erdogan, serta dimoderatori oleh Dosen UIN Ar-Raniry, Teuku Zulkhairi. Selain itu juga akan dihadiri oleh ratusan santri, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya.

Selain acara syukuran, dalam acara ini juga direncanakan akan diluncurkan Komunitas Sahabat Erdogan Wilayah Aceh.

Ketua panitia acara, Badaruddin, S.Pd, M.Si menjelaskan, kemenangan Erdogan dalam Pilpres Turki adalah kemenangan dunia Islam karena selama ini Erdogan dengan berbagai kebijakan dan narasi kepemimpinannya telah menunjukkan dirinya sebagai representasi umat Islam dunia.

“Erdogan adalah tipikal ideal seorang pemimpin muslim yang dirindukan umat Islam sedunia saat ini. Erdogan sukses membangun Turki dan mengangkat harkat martabat umat Islam,” ujar Badaruddin kepada sejumlah media di Banda Aceh sebagaimana laporan Kontributor MINA.

Di sisi lain, lanjut dia, di bawah kepemimpinan Erdogan, Turki juga terus membantu umat Islam di berbagai belahan dunia.

“Jadi sangat wajar kemenangan Erdogan di Turki kita syukuri di Aceh karena kita adalah umat yang satu,“ imbuh Badaruddin yang aktif dalam berbagai kegiatan pendidikan dayah di Aceh ini.

Dengan acara syukuran ini, tambah Badar yang sempat mengunjungi Turki, pihaknya ingin agar politisi muslim di Aceh khususnya, dan di Indonesia umumnya agar mengikuti jejak Erdogan dalam narasi dan kebijakan politiknya.(L/AR/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)