Tabligh Akbar Hadirkan Gerakan Sedekah Sampah

(Foto: Doc MINA)

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – dan Festival Sya’ban 1444H Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi menghadirkan Gerakan yang diinisiasi oleh Hariyanto, salah seorang warga Pasirangin, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bapak empat anak itu mengungkapkan, muncul mempunyai ide bermula dari banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan tempat tinggalnya.

“Dari keprihatinan ini, maka kita perlu menanamkan kepedulian masyarakat akan manfaat sampah plastik dan lain-lain. Kami mulai menginisasi sebuah program gerakan dengan memanfaatkan sampah. Dari situlah muncul istilah Gerakan Sedekah Sampah,” kata Haryanto kepada MINA, Rabu (15/3).

“Gerakan Sedekah Sampah dihadirkan pada Tabligh Akbar tahun ini, adalah untuk menanamkan kepedulian jamaah akan kebersihan lingkungan Pesantren Al-Fatah,” kata Haryanto Praktis Lingkungan Desa Pasirangin.

Haryanto menyampaikan “Kini kami lagi kekurangan keranjang sampah untuk ditempatkan diberbagai titik lingkungan Desa Pasirangin,”

“Maka tim membuat program kode QR code adalah teknologi praktis untuk berdonasi, yang biasa digunakan masyarakat di era serba digital,” ujarnya.

Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1444 H, yang puncak acaranya pada Sabtu-Ahad, 18-19 Maret 2023,  merupakan suatu pengajian terbuka yang rutin digelar setiap tahunnya, di Kompleks Ponpes Al-Fatah Cileungsi, dengan menghadirkan pembicara dari unsur ulama serta cendekiawan muslim sesuai tema utama.

Target peserta yang hadir sekitar 10-15 ribu muslimin dan muslimat dari berbagai wilayah di Indonesia terkhusus wilayah Jawa, Kalimantan, Indonesia Timur, dan luar negeri.

Di antara kegiatan sebelum Tabligh Akbar, akan mengadakan bedah buku, di antaranya buku dengan judul ‘Protokol Zionis’ oleh Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, buku dengan judul ‘Balada Seorang Dai’ oleh Pembina Jaringan Ponpes Al-Fatah se-Indonesia, KH. Abul Hidayat Saerodji, dan buku dengan judul ‘Terlahir Untuk Sukses’ oleh Muqorrobin.

Akan hadir sebagai pemateri Tabligh Akbar adalah Pembina Utama Jaringan Ponpes Al-Fatah se-Indonesia, Imaamul Muslimin Drs.  Yakhsyallah Mansur MA; Pembina Ponpes Al-Fatah Cileungsi, Bogor, KH. Abul Hidayat Saerodjie, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Pimpinan Majelis Taklim Wirausaha Valentino Dinsi, Dosen Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Dr. Ahmed Abdul Malik, Pendiri Radio Silaturohim (Rasil) Ustaz Husin Al-Atas, Prof Dr Syeikh Mahmud Anbar dan Ketua LBIPI Pusat Ustaz Wahyudi KS. (A/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.