Taiwan Donasikan Rp1,5 M Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

(Foto: Istimewa)

, MINA – Pemerintah mendonasikan 100.000 dolar AS(Rp1,5 miliar lebih) melalui Yayasan Amal Tiga Roda sebagai koordinator dan fasilitator pembagian , untuk korban Cianjur, Jawa Barat.

Gelombang pertama bantuan merupakan 1000 paket bantuan yang diserahkan secara simbolis di acara serah terima donasi kepada pemerintah kabupaten Cianjur, Jabar pada Rabu (15/3).

Acara serah terima donasi diwakili oleh Deputi Representatif Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Steve Chen dan Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Cianjur, Dedi Sudrajat.

Dedi Sudrajat mewakili Bupati Cianjur menyampaikan terima kasih kepada Taiwan atas barang bantuan yang disumbangkan dan atas semua bantuan yang diberikan untuk korban gempa bumi kabupaten Cianjur.

Deputi Steve Chen dalam pidatonya menyampaikan, saat mendapat informasi tentang gempa bumi, pemerintah Taiwan saat itu juga langsung menyampaikan rasa belasungkawa dan perhatian yang tulus kepada pemerintah Indonesia. Taiwan kemudian mendonasikan 100.000 dolar AS melalui Yayasan Amal Tiga Roda untuk mengkoordinasi penyerahan bantuan.

Pemerintah dan masyarakat Taiwan berharap bantuan kasih ini dapat memberikan kehangatan bagi para korban gempa bumi.

Ketua Umum Yayasan Tiga Roda, Zhong Wen Lin yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasi kegiatan bantuan ini menyampaikan, setelah bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Yayasan Amal Tiga Roda telah berkali-kali datang ke lokasi bencana untuk melihat dan memberikan bantuan.

Untuk ke depannya akan terus mengkoordinasi dan melaksanakan penyerahan bantuan.

Paket bantuan yang telah disiapkan oleh Yayasan Amal Tiga Roda, setiap paketnya bernilai Rp250.000, terdiri dari selimut, minyak, garam, gula, makanan kering dan bahan pokok lainnya.

Yayasan Amal Tiga Roda telah menyiapkan 2.000 paket bantuan, sebanyak 1.000 paket bantuan akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Cianjur di acara ini. Lainnya sebanyak 1.000 paket bantuan akan diserahkan secara langsung ke daerah-daerah terpencil yang dilanda bencana di Cianjur.

Yayasan Amal Tiga Roda adalah yayasan yang didirikan pengusaha Taiwan di Indonesia serta terdaftar sebagai organisasi nonprofit di pemerintah Indonesia.

Yayasan Amal Tiga Roda telah lama bekerja sama dengan TETO untuk memberikan bantuan di berbagai daerah di Indonesia, seperti penanggulangan bencana, pengentasan kemiskinan, bantuan pertolongan darurat serta bantuan kemanusiaan lainnya.

Dengan pengalaman yang banyak dalam memberikan bantuan, serta kemampuan mobilisasi dan integrasi yang tinggi, Yayasan Amal Tiga Roda telah menerima banyak pujian dari ekspatriat Taiwan dan masyarakat Indonesia.

Pada tanggal 21 November 2022 telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5.6 SR di kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Gempa bumi tersebut menyebabkan ratusan korban jiwa dan puluhan ribu warga mengungsi akibat kehilangan tempat tinggalnya. (R/R1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.