Takluk 2-0 dari Vietnam, Indonesia Gagal Melangkah ke Final Piala AFF 2022

(Dok. Istimewa)

Hanoi, MINA – gagal melaju ke babak Final usai takluk dari pada laga leg kedua Semifinal Piala AFF 2022 di Hanoi. Indonesia kalah agregat 2-0 setelah pada laga sebelumnya di Jakarta hanya bermain imbang 0-0.

Vietnam unggul cepat 1-0 pada menit ke 4 lewat sontekan Nguyen Tien Linh. Memanfaatkan umpan panjang dari Do Hung Dung ke delam kotak penalti, Tien Linh mengejar bola dan tuntaskan dengan sepakan terukur.

Pada menit ke-22, Indonesia punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Dendy mendapat umpan terobosan dan menusuk ke depan gawang. Lalu ada Que Ngoc Hai yang terlihat pasang badan menghentikan laju sang striker.

Para pemain Indonesia sempat protes ke wasit asal Jepang yang memimpin laga itu. Vietnam juga panas. Bui Tien Dung sampai dihukum kartu kuning karena aksi dorong-dorongan. Meski demikian, wasit tidak menilai pelanggaran untuk Indonesia.

Pada menit ke-29, Vietnam nyaris melebarkan keunggulan. Tendangan bebas keras Doan Van Hau melebar tipis di sisi kiri gawang Nadeo. Beberapa menit kemudian, Vietnam kembali punya peluang dari Pham Tuan Hai. Kali ini, Nadeo bisa mengamankan bola.

Di sisa babak pertama, laga berjalan keras. Duel-duel tak terhindarkan, terutama di sisi kanan antara Asnawi Mangkualam dan Doan Van Hau. Duel keduanya sempat membuat keributan dengan beberapa official Vietnam berusaha memprovokasi di pinggir lapangan.

Keunggulan 1-0 Vietnam bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Vietnam kembali unggul cepat. Lagi-lagi Nguyen Tien Linh untuk kedua kalinya menceploskan bola ke gawang Nadeo Argawinata.

Tien Linh berhasil menanduk bola umpan tendangan sudut Do Hung Dung untuk menjadi gol dan membawa Vietnam unggul 2-0.

Meski unggul penguasaan bola, Indonesia tetap tidak mampu mengejar ketertinggalan 2 gol dari Vietnam hinggu peluit akhir dibunyikan.

Dengan kemenangan ini, Vietnam berhak melaju ke babak Final Piala AFF 2022. The Golden Stars menunggu lawan antara Thailand dan Malaysia yang akan bertanding besok.

Susunan pemain

Vietnam: Vietnam: 23-Dang Van Lam; 13-Ho Tan Tai, 16-Nguyen Thanh Chung, 3-Que Ngoc Hai, 4-Bui Tien Dung, 5-Doan Van Hau; 19-Nguyen Quang Hai, 14-Nguyen Hoang Duc, 8-Do Hung Dung, 18-Pham Tuan Hai; 22- Nguyen Tien Linh.

Pelatih: Park Hang-seo.

Indonesia: 22-Nadeo Argawinata; 14-Asnawi Mangkualam, 19-Fachruddin Aryanto, 4-Jordi Amat, 5-Rizky Ridho, 12-Pratama Arhan; 2-Yacob Sayuri, 6-Marselino Ferdinan, 23-Marc Klok, 7-Saddil Ramdani; 11-Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong. (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.