Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Pemain Irak, Zaid Tahseen memanfaatkan kemelut di muka gawang Indonesia untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis, 2 Mei 2024. (Foto: Twitter)

Doha, MINA – Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5).

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia sempat unggul lebih dulu melalui Ivan Jenner di menit ke-19. Bermula dari situasi korner, Witan mendapatkan bola di sisi kanan penyerangan Indonesia dan menembaknya.

Bola yang dimentahkan oleh barisan belakang pemain Irak langsung dimanfaatkan dengan sempurna oleh Ivan Jenner melalui sepakan keras dari luar kotak pinalti mengarah ke sisi kanan gawang Irak yang dikawal Hussein Hasan. Skor 0-1.

Tak butuh waktu lama bagi Irak untuk membalas gol. Delapan menit sejak Indonesia unggul, Irak langsung menyamakan kedudukan.

Baca Juga:  Drone Hizbullah Lebanon Serang Pemukiman Yahudi

Berawal dari kesalahan Ernando Ari yang kurang sempurna mengantisipasi korner membuat Zaid Tahseen berhasil menyarangkan si kulit bundar di tengah kemelut. Skor 1-1.

Hasil ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, tempo sedikit melambat daripada yang diperagakan kedua tim di babak pertama tadi. Meski demikian, jual beli serangan masih terjadi sesekali.

Meski sempat menguasai laga di awal babak kedua, anak-anak asuh Shin Tae-yong kesulitan untuk menembus barisan pertahanan Irak.

Demikian juga dengan Irak yang mengalami kebuntuan dalam melakukan serangan.

Indonesia nyaris dihukum pinalti di menit-menit akhir babak kedua. Beruntung, VAR membatalkannya.

Taka da gol tambahan di waktu normal. Skor 1-1 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Untuk menentukan pemenang, laga dilanjutkan ke extra time.

Baca Juga:  Ratusaan Warga Israel Tuntut Pembebasan Sandera

Di babak extra time, Irak berhasil mencuri gol kemenangan melalui Ali Jasim. Skor 2-1 sudah cukup mengamankan Irak meraih peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Susunan pemain

Irak: Hussein Hasan, Baiz Al Imam, Hasan Al Reeshawee, Tahseen Hantoosh, Jasim Elaibi, Azad Klouri, Nihad Mohammed, Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed, Mustafa Saadoon, Ridha Fadhil.

Indonesia: Ernando Ari, Ilham Rio, Pratama Arhan, Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Jeam Kelly Sroyer, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan