Taklukkan Laos 5-1, Indonesia Pimpin Klasemen Sementara Grup B Piala AFF 2020

Singapura, MINA – dipastikan untuk sementara berhasil berada di puncak klasemen grup B usai menaklukkan Laos 5-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12) malam.

Dalam dua pertandingan matchday kedua Grup B 2020, Timnas Indonesia vs Laos dan Vietnam vs Malaysia, skuad Garuda dipastikan untuk sementara berhasil berada di puncak klasemen dengan koleksi enam poin.

Timnas Indonesia yang bermain dengan sejumlah nama berbeda di starting line-up saat menang 4-2 atas Kamboja beberapa waktu lalu, mampu tampil sangat baik di awal laga kontra Laos.

Pada babak pertama berakhir, skuad asuhan Shin Tae-yong itu sudah berhasil unggul 2-1 atas Laos.

Dua gol Timnas Indonesia di babak pertama disumbangkan oleh Asnawi Mangkualam di menit 23 melalui tendangan penalti dan satu lagi dari Irfan Jaya yang mencetak gol pada menit ke-34. Laos pun memperkecil ketertinggalan di menit 41 lewat gol Kydavone Souvanny.

Pada babak kedua, pelatih Shin Tae-yong langsung memasukkan Elkan Baggott dan Witan Sulaeman. Kedua pemain itu memberikan dampak yang sangat positif, terutama Witan yang membantu lini serang.

Saat laga babak kedua baru berjalan 11 menit, Witan langsung mampu mencatatkan namanya di papan skor. Tak lama kemudian Ezra Walian dimasukkan. Ezra pun menyusul Witan yang baru masuk langsung mencetak gol. Ezra tepatnya mencetak gol di menit 77.

Tak puas dengan keunggulan 4-1, Timnas Indonesia terus menyerang. Gol pun lagi-lagi tercipta. Kali ini giliran Evan Dimas yang mencatatkan namanya di papan skor.

Selain itu, pada pertandingan lainnya Vietnam menang telak atas Malaysia dengan skor 3-0. Malaysia tak bisa berbuat banyak saat menghadapi Vietnam.

Dengan hasil 3-0 atas Malaysia itu, Vietnam lantas mampu menyamai enam poin milik Timnas Indonesia, yang juga baru sama-sama bermain di dua laga.

Namun, Timnas Indonesia berhak menempati posisi pertama karena unggul dalam hal agresivitas gol. Timnas Indonesia tercatat sudah mencetak sembilan gol dan kebobolan tiga kali. Sementara Vietnam memang belum kebobolan sama sekali, tapi mereka baru mencetak lima gol.

Malaysia yang kalah turun ke peringkat ketiga dengan koleksi enam poin juga, tapi bedanya mereka sudah bermain di tiga laga. Malaysia pun kalah posisi dari Vietnam karena tidak lebih baik dalam hal selisih gol.

Berikut Klasemen Sementara Grup B Piala AFF 2020:


(R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)