Taman Tulip Terbesar di Asia Ada di Kashmir

Oleh : Ali Farkhan Tsani, Wartawan MINA (Mi’raj News Agency)

Srinagar, MINA – Indira Gandhi (Indira Gandhi Tulip Garden) adalah taman tulip terbesar di Asia.

Taman ini terletak di antara Danau Dal dan Pegunungan Zabarwan, di kawasan Kota Srinagar, Lembah . Srinagar adalah kota terbesar dan ibu kota musim panas di Jammu dan Kashmir.

Bulan Maret 2023 ini, aneka bunga tulip itu sedang mekar penuh warna, dan siap menyambut turis pekan depan. Warna-warni yang membuat pola pelangi, seperti warna merah, oranye, ungu, putih, merah muda, dan kuning. Taman tulip yang luas dengan warna bervariasi membuat taman terlihat seperti karpet sutra dengan desain yang rumit.

Inam-ul-Rehman, Penanggung jawab Taman Tulip mengatakan, “Persiapan seperti berkebun, teknik, perawatan fungisida, penyemprotan nutrisi dan perbaikan kecil yang kami lakukan sebelum festival tulip berlangsung,” ujarnya, seperti disebutkan Business-Standard, edisi Ahad, 12 Maret 2023.

Ia mengatakan, taman yang telah menjadi landmark terkenal di seluruh negeri ini, akan dibuka untuk umum mulai 19 Maret 2023.

Selain 1,5 juta tulip dengan berbagai warna dan corak, taman yang juga dikenal sebagai Siraj Bagh ini akan menampilkan bunga musim semi lainnya seperti eceng gondok, daffodil, muscari, dan cyclamen.

“Setiap tahun kami memperluas taman ini dan varietas baru ada di sini. Tahun ini kami telah memperluas saluran air mancur. Ini dapat menjadi contoh profesionalisme berkebun di seluruh dunia,” kata Rehman.

Dia mengatakan, akan ada pelangi warna tulip tahun ini mulai dari kuning, merah, merah tua, ungu dan putih.

“Di bawah bayang-bayang pegunungan Zabarwan, memberikan suasana yang menawan pada taman ini. Itu sebabnya orang-orang menyukai taman ini,” imbuhnya.

Mushtaq Ahmad Mir, Pengawas Taman Tulip, mengatakan persiapan taman tulip sudah mencapai puncaknya, bersiap untuk dibuka pekan depan.

Mengharapkan banyak pengunjung di taman musim ini, pekerjaan pun berlangsung siang dan malam, lanjutnya.

Taman Tulip Terbesar

Bunga Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga.

Tulip berasal dari Asia Tengah. Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turkiye. (Wikipedia).

Taman Tulip bukan hanya di negeri Belanda, tapi juga ada di beberapa negara lainnya. Beberapa di antaranya yang terkenal ada di Emirgan Park (Turkiye), Tonami Tulip Fair (Jepang), Shanghai Flower Port (China), Agassiz Tulip Festival (Kanada), Skagit Valley Tulip Festival Washington (AS), dan tentu Indira Gandhi Tulip Garden Kashmir (India).

Indira Gandhi Tulip Garden (India), adalah Taman Tulip seluas 30 ha, dengan 48 varietas bunga tulip, yang menjadi taman tulip terbesar di Asia.

Kebun luas ini dibuka pada tahun 2008, yang merupakan gagasan dari Ghulam Nabi Azad, mantan Ketua Menteri Jammu dan Kashmir pada tahun 2006-2007. Tujuan pembuatan taman ini adalah untuk meningkatkan pemeliharaan bunga dan memajukan pariwisata di Lembah Kashmir.

Keunikan lainnya, taman ini dibangun di atas tanah lahan miring dengan gaya bertingkat, yang terdiri dari tujuh teras, dengan pemandangan Danau Dal.

Latar belakang pegunungan Himalaya yang megah berselimut salju, menambah pesona daya tarik wisata ini.

Taman yang dikenal sebagai Siraj Bagh ini, memiliki sekitar 1,5 juta tulip, dalam berbagai warna, dengan 46 jenis bunga.

Saluran air yang mengalir dan air mancur menambah pesona tempat itu dan menjadikannya tempat yang ikonik buat foto-foto.

Taman Tulip juga dikenal sebagai Taman Silsila karena lagu Bollywood terkenal “Dekha ek khwab” sountrack film Silsila yang dibintangi oleh Amitabh Bachchan dan Rekha, digambarkan di taman ini.

Beberapa film lainnya juga mengambil setting tempat di taman ini.

Taman alami ini adalah juga menjadi tempat yang tepat bagi para fotografer untuk mengasah keterampilan mereka dan mengabadikan keindahan alam.

Tempat wisata utama di Srinagar, Kashmir ini, menjadi hidup selama musim semi saat Festival Tulip diadakan.

Di dekat Taman Tulip, terdapat Taman Shalimar, Taman Nishat, Taman Chashm-e-Shahi, dan Taman Mughal.

Dibuka untuk umum, festival ini harus dilihat di Kashmir untuk semua jenis wisatawan karena bertujuan memamerkan keindahan alam taman, budaya Kashmir yang kaya, serta kerajinan tangan dan masakannya.

Tempat ini layak dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara ke Lembah Kashmir, di kaki Gunung Himalaya, dengan udara segarnya, dan warna-warni tamannya yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.