TAMPIL SEHAT DAN CANTIK SAAT PUASA

muslimah puasaOleh: Shobariyah Jamilah/Wartawan MINA (Mi’raj Islamic News Agency)

Ramadhan momentum bulan yang paling baik dan mulia dalam menjalankan ibadah kepada Allah dengan berlomba-lomba dalam menjalankan kebaikan dengan mengharapkan balasan pahala yang berlipat, pada bulan Ramadhan setiap umat islam seluruhnya muslimin ataupun muslimat diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan.

Puasa termasuk ibadah yang mendidik jasmani maupun rohani.kewajiban puasa termasuk pada rukun Islam yang ke-3 puasapun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat  puasa khususnya kaum muslimah harus selalu bisa menjaga kesehatan dan kecantikan dirinya agar lebih maksimal untuk beribadah kepada Allah selama puasa.

Puasa Ramadhan merupakan amalan yang Allah Ta’ala wajibkan bagi umat Islam dalam firmanNya:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian shaum sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa”. (Qs. Al-Baqarah [2] : 183).

Bagi wanita membolehkan untuk tidak berpuasa wajib ketika ia mengalami haid, nifas, hamil dan menyusui dan sakit Allah telah memberikan keringanan khusus bagi wanita yang mengalami hal tersebut dengan mengqadha atau mengganti puasa di hari lain atau membayar fidiyah kepada fakir miskin.

Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang dianugrahkan Allah SWT kepada manusia. Rosulullah SAW bersabda, “Ada dua nikmat yang membuat banyak manusia tertipu: Kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari).

Kesehatan itu mahal dan tidak dapat dibandingkan dengan harta. Kesehatan tetap lebih baik dari pada kekayaan berapapun banyaknya. Keyakinan merupakan kesehatan yang berkaitan dengan agama, sedangkan kesehatan fisik merupakan kesehatan yang berkaitan dnegan dunia.

Kesehatan fisik dan keyakinan merupakan karunia yang terbaik yang diberikan Allah untuk kita syukuri dengan diberikan kesehatan kita bisa lebih mampu untuk menjalankan ibadah dan aktifitas yang lebih maksimal. sakit merupakan sebuah ujian harus dijalankan dengan sabar namun penyakit  juga dapat menghambat aktivitas dalam melakukan pekerjaan dan ibadah yang kurang maksimal.

Menjaga kesehatan perlu beberapa hal yang harus diperhatikan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan sehat, pola istirahat yang teratur, olahraga secara rutin.

  1. Menajag Kebersihan

Islam sangat memperhatikan untuk menjaga kebersihan dan kesuciah diri karena Allah menyukai keindahan,  dan orang-orang menyucikan diri. Allah SWT berfirman, “Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri”. (Qs. Al Baqarah: 222)

Kewajiban ini dimaksudkan agar setiap muslim senantiasa suci, sehat, serta bersemangat untuk beraktivitas, serta berpenampilan menawan dalam menajalankan ibadah kepada Allah. Dalam menjalankan ibadah puasa perlunya kita menjaga kesehatan jasmani dan rohani agar ibada kita bisa lebih maksimal dan tanpa ada hambatan.

  1. Menajaga pola makan dan minum

Makan dan minum merupakan sebuah rizki yang telah Allah berikan untuk kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk hidup. Allah memerintahkan untuk makan dan minum yang halal dan jangan berlebih-lebihan, karena Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan karena akan menimbulkan penyakit.

Allah SWT berfirman :

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“….makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan, sesunggguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (Qs. Al ‘Araf: 31).

Dengan berpuasa ada beberapa manfaat yang bisa dipetik antara lain memberi kesempatan pada alat pencernaan untuk beristirahat, membersihkan tubuh dari racun dan kotoran yang menumpuk dan merusak kesehatan, menyeimbangkan asam basa tubuh, banyak manfaat terkandung dalam puasa bagi kecantikan dan kesehatan dari berbagai penyakit.

Dalam perkembangan dunia kesehatan, puasa sebagai terapi untuk mengatasi gangguan kesehatan semakin banyak diteliti. Para peneliti mengaitkan puasa dengan tujuan mengendalikan stress juga penyakit lain seperti hipertensi, kardiovaskuler, ginjal juga kanker.

Demikianlah,  Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang yang beriman diwajibkan agar berpuasa untuk menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan minum yang terkandung dalam tubuh namun juga harus memperhatikan dalam mengonsumsi makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa yang sehat dan bermanfaat tidak berlebih-lebihan ditambah dengan makan kurma, madu dan buah-buahan lainnya untuk menambah vitamin dan nutrisi tubuh.

  1. Pola Istirahat yang teratur

Tidur merupakan salah satu nikmat Allah SWT yang sangat besar dan memiliki manfaat yang tak terhingga bagi kesehatan. Tidur merupakan kebutuhan primer sekaligus hak dasar bagi tubuh. Setiap insan harus tidur namun dalam janganka waktu yang cukup untuk istirahat.

Allah SWT telah menetapkan waktu yang tepat untuk tidur dan bangun. Malam Dia jadikannya untuk istirahat, tidur dan menenangkan diri. Sedangkan siang Dia jadikan sebagai waktu bangun, bekerja, berusaha dan beraktivitas. Allah SWT berfirman yang artinya, “ Dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan.” (Qs. An Naba: 11). Dan dianjurkan untuk bangun pada sepertiga malam untuk sholat tahajud dan memohon ampunan kepada Allah.

Berfirman Allah SWT di dalam Al-Qur’an, “Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.” (Qs : Al-Isro’ : 79).

Bersabda Rosulullah SAW, “Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” (HR. Muslim).

  1. Olahraga

Olahraga merupakan faktor utama untuk menguatkan fisik. Oleh karena itu, setiap wanita hendaknya melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi dan lingkungannya supaya fisiknya kuat, kesehatannya terpelihara, terlindungi dari beragam penyakit, atau suapaya penyakit yang dideritanya berkurang.

Islam menegaskan pentingnya olahraga untuk menciptakan generasi Rabbani yang kuat dan sehat. Oleh karenanya, Islam mengajarkan setiap muslim untuk mengajarkan anak-anaknya bagaimana cara memanah, berenang, dan berkuda, atau minimalnya melakukan olahraga setiap pagi dengan gerakan ringan dan mudah.

Fisik yang kuat adalah sesuatu yang dianjurkan ilmu kesehatan dan agama, Rosulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam, bersabda, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah, dan keduanya sama-sama baik.” (HR. Muslim).

Puasa wajib juga dijadikan sarana untuk menjaga kesehatan, serta olah raga jiwa dan raga tak mungkin diingkari oleh kodrat dan naluri manusia. Hal yang sama juga berlaku bagi ibadah haji, aktivitas manasik, gerakan wudhu, mandi dan lainnya. Semua ini merupakan bentuk olahraga yang paling minim untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Kecantikan

Kecantikan merupakan nikmat yang sangat agung dikaruniakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada kaum wanita. Kecantikan ini terbagi dua yaitu, kecantikan rohani dan jasmani. Kecantikan rohani meliputi kecantikan akhlak atau prilaku bisa disebut dengan inner beauty dengan memperbanyak ibadah yang mulia, menumbuhkan empati dan kesadaran sosial melalui infak dan sedekah, menahan hawa nafsunya dengan menjaga aurat, lisan dan hatinya . Sedangkan kecantikan jasmani meliputi kecantikan wajah dan keindahan tubuh dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri. (T/P010/R2)

Sumber: Adnan Tharsyah, Kiat Menjadi Muslimah Seutuhnya

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Comments: 0