Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tanggapcovid.id Hadirkan Literasi Digital

Rana Setiawan - Rabu, 3 Februari 2021 - 00:32 WIB

Rabu, 3 Februari 2021 - 00:32 WIB

2 Views

Jakarta, MINA – Koalisi Perubahan Perilaku Higienis atau Hygiene Behaviour Change Coalition (HBCC) meluncurkan situs mengenai Covid-19 dengan alamat www.tanggapcovid.id.

Project Manager HBCC Indonesia Saniya Niska menjelaskan, situs ini merupakan intervensi literasi digital untuk menyediakan informasi praktis terkait COVID-19, termasuk perilaku 3M yang mudah diakses oleh publik guna meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan motivasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk aksi nyata melawan COVID-19.

“Kehadiran Tanggapcovid.id juga diharapkan bisa meluruskan rumor-rumor seputar COVID-19 yang masih banyak beredar. Diharapkan pula situs ini bisa menjadi media pemicuan terhadap perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk 3M kepada masyarakat,” kata Saniya konferensi virtual peluncuran situs Tanggapcovid.id, Selasa (2/2).

Dia mengatakan, situs tersebut dikembangkan kurang lebih tiga bulan terakhir berdasarkan data dan riset yang pihaknya lakukan di lapangan.

Baca Juga: Menag Bertemu Menhaj Saudi Bahas Persiapan Haji 2025

Berdasarkan data riset yang dilakukan HBCC  di 10 kabupaten/kota dampingan menunjukkan bahwa 56% masyarakat pengguna fasilitas umum masih memiliki pengetahuan terbatas akan perilaku pencegahan COVID-19, termasuk dalam menerapkan 3M.

Kemudian, hanya 32% fasilitas umum yang memiliki pedoman kebersihan dan daftar periksa pembersihan.

“HBCC pun mencatat masih rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan perilaku 3M pada aktivitas sehari-hari, terutama bagi kelompok masyarakat ekonomi lemah di perkotaan, para pekerja harian yang masih terus melakukan mobilitas, dan kelompok masyarakat yang belum memiliki akses terhadap sarana dan prasarana air, sanitasi, dan higienitas,” ungkapnya.

Rendahnya kepatuhan ini, lanjut Saniya, juga disebabkan karena kurangnya akses terhadap informasi dan pengetahuan yang tepat tentang bagaimana mencegah COVID-19.

Baca Juga: Kariska Jakarta Adakan Aksi Sosial di Gunung Kidul Yogyakarta

Dia mengharapkan situs ini menjadi solusi atas kesenjangan akses informasi dan lemahnya tingkat penerapan 3M di tengah
masyarakat, sebagaimana tujuan dikembangkan situs tanggapcovid.id.

Terkait dengan masih banyaknya rumor yang beredar di tengah masyarakat, Saniya menyatakan Tanggapcovid.id menyediakan fitur Ketahui Fakta yang dapat menjadi rujukan informasi akurat seputar COVID-19 kepada masyarakat.

“Beredarnya rumor ini memang menjadi salah satu perhatian karena hal itu disinyalir menjadi salah satu penyebab masih rendahnya kepatuhan masyarakat akan penerapan perilaku sesuai protokol kesehatan, termasuk 3M,” ujarnya.

Juru Bicara dan Kepala Bidang Media dan Komunikasi Kedutaan Besar Inggris, John Nickell, pada acara peluncuran situs menyatakan dalam mengendalikan penyebaran virus COVID-19, perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak) adalah langkah sederhana yang dapat kita lakukan.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Diprediksi Cerah Awal Pekan Ini

Kendati demikian, untuk mengadopsi perilaku ini masyarakat tetap membutuhkan kemampuan, kesempatan, dan motivasi.

“Kami meningkatkan kemampuan serta peluang masyarakat melalui berbagai proyek pencegahan COVID-19, seperti penyediaan sabun, penyediaan fasilitas sanitasi, dan lain sebagainya,” jelas Nickell.

Menurutnya, situs Tanggapcovid.id melengkapi upayanya dengan meningkatkan motivasi masyarakat dalam mempraktikkan perilaku 3M dan membekali mereka dengan informasi dan pengetahuan yang tepat.

“Maka dari itu, Kerajaan Inggris pun dengan senang hati mendukung program ini dan mendukung Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19,” ujarnya.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Kaltim Raih Juara Umum MTQ Nasional 2024

Sebagai sebuah website interaktif untuk isu COVID-19, ada tiga fitur menarik yang berisi banyak informasi dan pengetahuan di dalam Tanggapcovid.id yaitu fitur Ketahui Fakta, Dapatkan Tips, dan Terlibatlah yang semuanya memiliki keunggulan masing-masing.

Keistimewaan lainnya yang juga ditawarkan yaitu informasi yang disampaikan dijamin akurat dan terpercaya, beban kuota yang cukup rendah, dan update informasi rutin secara berkala tentang berita perkembangan COVID-19.

Selain itu, desain simple, fitur tidak berat, dan data di website HBCC terintegrasi dengan situs pemerintah.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Puluhan WNI Jadi Korban TPPO di Myanmar

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Indonesia
Indonesia
Internasional
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional