Tari Saman “Assalamualaikum” Tandai Pembukaan Asian Games XVIII

Jakarta, MINA – Sekitar 1.600 penari wanita dari kalangan pelajar membawakan tarian yang terinspirasi dari tarian Saman Aceh sambil menyanyikan lagu berjudul “Assalamualaikum” di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu malam (18/8), menandai dimulainya upacara pembukaan Asian Games ke-XVIII tahun 2018.

Lagu tersebut mewakili Indonesia sebagai negara yang mayoritas muslim, sebagai bentuk doa kepada Allah Subhanahu Wa Taála.

Berlatar panggung megah yang menampilkan pemandangan gunung dan tumbuhan ciri khas Indonesia, para penari memukau puluhan ribu penonton di GBK.

Indonesia menyambut kedatangan dunia di Indonesia dengan tarian Saman asal Aceh arahan Denny Malik, yang kaya akan warna dan sejarah budaya dan balutan busana bermotif khas Indonesia dengan iringan musik dari komposer Ronald Steven.

Penampilan tersebut menyuntikkan semangat penonton yang sebelumnya sudah tidak sabar menanti upacara pembukaan Asian Games 2018. “Indonesia..Indonesia..Indonesia” berkali-kali diteriakkan penonton seisi GBK.

Kemudian gempita musik penuh energi menyambut para atlet dari 45 negara Asia yang mulai memasuki Stadion Utama GBK.

Para pembawa papan nama negara yang mengenakan busana yang terinpirasi dari Garuda memimpin barisan para atlet untuk memasuki stadium. Saat kontingen Korea masuk, yang merupakan gabungan Korea Utara dan Korea Selatan, penonton menyambut dengan meriah dan tepuk tangan. Begitu pun saat kontingen Palestina dan Suriah masuk, gemuruh sorak dan tepuk tangan dari penonton. Apalagi kontuingen terakhir yang masuk dari kontingen tuan rumah Indonesia.

Pembukaan Asian Games 2018 menjadi momen bersejarah bagi bangsa Korea. Sebab, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu. Menurut pantauan MINA, Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yeon, beserta Wakil Perdana Menteri Korea Utara Ri Ryong Nam dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Hui Chol hadir dalam upacara pembukaan Asian Games 2018.

Multievent terakbar se-Asia ini sendiri akan diikuti sekitar 16.000 atlet dan ofisial dari 45 negara yang mempertandingkan 40 cabang olahraga dan berlangsung hingga 2 September mendatang di Jakarta dan Palembang.

Asian Games ke-XVIII ini dibuka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu mengadakan sebuah even berskala Internasional. Pada upacara pembukaan ini menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter.

Asian Games yang diadakan di Jakarta, Palembang  dan juga di Jawa Barat ini dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden H.M Jusuf Kalla. (L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)