Tari Saman Ramaikan Pembukaan Musim Budaya  ke-11 di Universitas Internasional Afrika

Khartoum,6Rajab 1437/13 April 2016 (MINA) – Universitas Internasional Afrika di Khartoum, ibukota Sudan tengah mengadakan acara tahunan Musim Budaya Ke-11, Selasa (12/4) waktu setempat, segaligus rangkaian dari milad  ke-60  berdirinya kampus tersebut.

Acara tersebut akan berlangsung selama hampir dua bulan yang terbagi di beberapa Perlombaan budaya baik  antar Fakultas, BEM, dan Komunitas lainnya di lingkungan kampus.

Universitas Internasional Afrika berdiri pada 1966 memiliki mayoritas mahasiswa asing yang tersebar di 19 fakultas dan enam institut, demikian laporan Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Sudan.

Pada acara pembukaan Selasa yang dipusatkan di Hall Conference Universitas Internasional Afrika, menampilkan budaya asli Indonesia yang dibawakan oleh para mahasiswa asal Palembang-Sumsel yang sedang menimba ilmu di Sudan.

Mereka membawakan tarian traditional “YA SAMAN” yang mana pada sebelumnya  pernah mewakili Indonesia dalam ajang Karnaval Budaya Internasional Ke-2 yang diadakan Korp Diplomatic di Khartoum beberapa hari yang lalu mewakili Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia oleh KBRI Khartoum.

Dalam Sambutan yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Ibrahim Khaidar yang juga sebelumnya pernah menjadi gubernur di salah satu provinsi di Sudan yaitu Wilayah Syimaliyah-Sudan, mengatakan bahwa dalam acara ini akan melibatkan seluruh mahasiswa yang ada di beberapa fakultas lingkungan Kampus IUA , baik Mahasiswa asli Sudan maupun asing yang  sampai saat ini berjumlah hampir 15 ribu mahasiswa/i terbagi dari 83 negara, termasuk Indonesia.

Pada acara ini juga ada beberapa Perlombaan penting di antaranya: 1. Tahfid Qur’an 2. Nasyid 3. Karikatur 5. Jurnalistik 6. Drama.7. Pidato dengan Bahasa Arab dan lain-lain.

Sebagai informasi mahasiswa Indonesia yang saat ini melanjutkan studi di Sudan lebih kurang  600 orang lebih yang dominan kebanyakan di Kampus Universitas Internasional Afrika dan beberapa kampus lainnya di Sudan yang kurang lebih hampir 10 Kampus lainnya yang dimasukin oleh mahasiswa Indonesia baik Program sarjana maupun Pascasarsarjana.(L/K06/R05)

 

Mi’raj islamic News Agency (MINA)