TEHERAN TUDUH SAUDI SERANG KEDUTAAN IRAN DI YAMAN

Jet Arab Saudi. (Dok. GlobalMilitaryReview.blogspot.com)
Jet . (Dok. GlobalMilitaryReview.blogspot.com)

Teheran, 28 Rabi’ul Awwal 1437/8 Januari 2015 (MINA) – Pemerintah di Teheran menuduh koalisi serangan udara pimpinan Arab Saudi menyerang di ibukota , Sanaa.

Tudingan itu dilontarkan oleh Kementerian Luar Negeri pada Kamis (7/1) bahwa jet Saudi “sengaja” menyerang kedutaan besar Iran dalam serangan udara yang melukai staf, demikian Al Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Tindakan yang disengaja oleh Arab Saudi ini adalah pelanggaran semua konvensi internasional yang melindungi misi diplomatik,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Hossein Jaber Ansari di tengah meningkatnya ketegangan Iran dan negara-negara Arab.

Namun, menurut reporter Associated Press yang mengunjungi lokasi di Sanaa, tidak ada tanda-tanda kerusakan pada bangunan kedutaan Iran.

Juru Bicara Koalisi Brigadir Jenderal Ahmed Asseri mengatakan, Arab Saudi yang memimpin pertempuran koalisi di Yaman akan menyelidiki tuduhan Iran, Reuters melaporkan.

Asseri mengakui, jet koalisi melakukan serangan hebat di Sanaa pada Rabu malam yang menargetkan peluncur rudal yang digunakan oleh milisi Houthi yang melawan Arab Saudi.

Asseri mengatakan, koalisi telah meminta semua negara untuk mengirim koordinat lokasi misi diplomatik mereka dan dia menambahkan tuduhan yang dibuat atas dasar informasi dari Houthi “tidak memiliki kredibilitas”. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.