Tentara Israel Jadikan RS Nasser Barak Militer, Tangkap Puluhan Dokter dan Pasien

Ilustrasi ruangan salah satu rumah sakit di Gaza yang hancur akibat serangan Israel. (Foto: Istimewa)

Gaza, MINA – Pasukan pendudukan mengubah Kompleks Medis Nasser di Khan Yunis menjadi barak militer setelah tidak berfungsi lagi. Mereka telah menangkap puluhan staf medis dan pasien.

Dr Ashraf al-Qudra, Juru Bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, hari Ahad (18/2) mengatakan pendudukan Israel telah mengubah Kompleks Medis Nasser menjadi barak militer dan menjadikannya tidak dapat digunakan lagi. Palestinian Information Center melaporkan.

Dia mengatakan pasukan pendudukan Israel menahan petugas medis selama berjam-jam di gedung bersalin, memborgol, memukuli dan melucuti pakaian mereka. Al-Qudra mengatakan tentara pendudukan menangkap 70 petugas kesehatan di kompleks medis.

Ia mengatakan, kini hanya tersisa 25 tenaga medis di Kompleks Medis Nasser. Tentara pendudukan telah menangkap dokter perawatan intensif dan tidak ada dokter yang dapat menindaklanjuti kasus-kasus kritis.

Baca Juga:  Muslim Wajib Tahu, Asal Mula Nama Palestina

Al-Qudra juga mengatakn pasukan pendudukan Israel telah menangkap puluhan pasien yang tidak bisa bergerak yang sedang menerima perawatan dan menempatkan mereka di tempat tidur militer, memuat mereka ke dalam truk dan membawa mereka ke lokasi yang tidak diketahui, sehingga membahayakan nyawa mereka.

Ia menambahkan, aliran listrik di Kompleks Medis Nasser telah padam selama tiga hari, sehingga mengakibatkan pasien kekurangan oksigen. Hal ini menyebabkan kematian tujuh pasien sejauh ini, dengan kekhawatiran akan kematian puluhan kasus kritis lainya.

Ia menyebutkan, tiga perempuan, termasuk seorang dokter perempuan, melahirkan di Kompleks Medis Nasser dalam kondisi yang sulit dan tidak aman, kekurangan air, makanan, listrik, dan kebersihan. Pasokan air ke Kompleks Medis Nasser juga telah terputus selama tiga hari karena generator listrik tidak berfungsi.

Baca Juga:  Dicap Lakukan Genosida di Gaza, Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Juru bicara tersebut menganggap Israel bertanggung jawab penuh atas kehidupan staf medis dan pasien di Kompleks Medis Nasser.

sejak 22 Januari, menyusul perluasan serangan daratnya ke sebelah barat Khan Yunis dan dikeluarkannya perintah evakuasi lebih lanjut di wilayah tersebut, telah mengepung Rumah Sakit Nasser dengan kapasitas 475 tempat tidur, Rumah Sakit Al-Amal dengan kapasitas 475 tempat tidur. berkapasitas 100 tempat tidur, Rumah Sakit Lapangan Yordania dengan kapasitas 50 tempat tidur, dan Rumah Sakit Al-Khair, selain tiga klinik kesehatan, yang menampung ribuan pengungsi beserta pasien, menurut pernyataan itu.

Pada hari yang sama, pasukan pendudukan Israel menggerebek Rumah Sakit Al-Khair, yang dikelola sebuah asosiasi amal, dan memerintahkan perempuan dan anak-anak untuk mengungsi ke Rafah. Mereka juga menangkap beberapa anggota staf medis dan menghentikan total layanannya.

Baca Juga:  MER-C Kecam Israel Terkait Temuan Kuburan Massal di Gaza

Pada hari-hari berikutnya, pasukan pendudukan Israel terus melakukan penyerangan dan penembakan ke Rumah Sakit Al-Amal dan Kompleks Medis Nasser, menggunakan artileri, penembak jitu, serta pesawat quadcopter, yang mengakibatkan pembunuhan dan cederanya puluhan warga sipil. Halaman rumah sakit berubah menjadi kuburan sementara sebelum digerebek, dan tidak dapat digunakan lagi, bersama dengan staf medis dan pasien di dalamnya. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.