TENTARA ISRAEL TEMBAK PETANI GAZA

Korban penembakan oleh tentara Israel (Foto: Dok. Alray)
Korban penembakan oleh (Foto: Dok. Alray)

Bayt Lahiya, , 5 Dzulhijjah 1435/29 September 2014 (MINA) – Tentara Israel menembak seorang petani di dekat wilayah perbatasan Bayt Lahiya, utara Gaza Palestina, Ahad sore waktu setempat.

Petani yang diketahui bernama Ragab Mohamed (22) tengah berada di lahan miliknya itu ditembak oleh tentara Isarel yang ditempatkan di perbatasan utara Gaza.

Al-Ray  Media Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, tentara pendudukan Israel menembak ke arah para petani yang sedang berada di tanah mereka di Bayt Lahiya dan melukai Ragab Mohamed di bagian kakinya.

Laporan itu menyebutkan, meski jiwanya selamat, namun luka yang diderita petani itu cukup parah sehingga harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Kamal Adwan untuk mendapatkan pengobatan.

Perlu diketahui, pasukan pendudukan Israel telah beberapa kali melakukan pelanggaran kesepakatan gencatan senjata yang telah dicapai antara Palestina dan “Israel” di bawah sponsor Mesir pada 26 Agustus lalu.

Sebelumnya, pasukan Israel juga melanggar kesepakatan gencatan senjata tepatnya Jumat (19/9) dengan memasuki ke daerah Qararah, timur Khan Younis dan menghancurkan lahan pertanian dengan buldozer.

Pelanggaran juga dilakukan Israel dengan menangkap lima nelayan Gaza di lepas pantai Gaza, Senin (22/9) lalu. Ketua Persatuan Nelayan di Jalur Gaza, Ayash, mengatakan, Israel menangkap lima nelayan setelah kapal mereka dikepung oleh tiga kapal perang angkatan laut milik entitas Zionis itu.

Ayash menambahkan, para nelayan tidak melebihi jarak enam mil laut, merupakan batas yang telah disepakati dalam perjanjian senjata antara Israel dan Palestina.

“Para nelayan yang ditangkap tidak melebihi jarak enam mil pada saat melakukan pekerjaan mereka, karena mereka mengetahui jarak yang memungkinkan nelayan untuk melaut sesuai dengan kesepakatan perjanjian gencatan senjata pada 26 Agustus yang lalu,” jelasnya.

Selain itu, Israel juga telah menangkap enam nelayan Gaza selama dua pekan terakhir, juga menembaki nelayan Gaza yang melaut di jarak enam mil laut masih di dalam batas perjanjian gencatan senjata. (T/R11/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0