TENTARA MESIR TEWAS DI TEROWONGAN GAZA

Terowongan Gaza

Terowongan Gaza (Foto: al-Arabiya)
(Foto: al-Arabiya)

Gaza, 25 Dzulhijjah 1435/19 Oktober 2014 (MINA) – Dua perwira tewas, Sabtu kemarin, ketika sebuah terowongan yang menghubungkan dan Jalur Gaza Palestina runtuh.

Seorang pejabat militer Mesir mengatakan, dua perwira tentara mesir itu tewas ketika akan meledakkan terowongan. Al-Arabiya melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Militer Mesir mengatakan telah menghancurkan lebih dari 1.600 terowongan, sejak penggulingan Presiden Mohamed Mursi tahun lalu.  Kelompok Hamas Palestina menggunakan terowongan untuk memasukkan bahan makanan dan bangunan ke Gaza.

Kairo telah mengirimkan pasukan ke Semenanjung Sinai untuk mengatasi pemberontakan sejak digulingkan Mursi yang telah menewaskan puluhan polisi dan tentara Mesir.

Israel bertempur dengan Hamas musim panas ini, sebagian dengan tujuan untuk menghancurkan terowongan, termasuk yang berada di wilayah perbatasan dengan Israel.

Tentara Mesir menghancurkan dua terowongan di perbatasan Mesir-Gaza, sehingga jumlah terowongan  yang dihancurkan mencapai  1.736.

Sumber-sumber keamanan mengatakan penjaga perbatasan Mesir  secara intensif   memerangi apa yang mereka sebut penyelundup dan kelompok bersenjata  yang menggunakan terowongan, meskipun   laporan-laporan mengatakan terowongan digunakan sebagai alternatif warga dalam menyelundupkan kebutuhan sehari-hari sejak Israel menetapkan blokade atas Gaza sejak tujuh tahun yang lalu.

Wilayah militer bagian barat  itu dikuasai penjaga perbatasan yang bekerja sama dengan Angkatan Udara dan berhasil  menyita 30 senapan milik  pribadi di daerah Salloum,(T/P011/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0