Tentara Muslim Inggris yang Terlupakan Pada Perang Dunia I

Sejumlah pasukan Muslim India Inggris tengah melakukan shalat bersama di kamp mereka saat Perang Dunia I. Foto: Birmingham Mail

London, 11 Rabi’ul Akhir 1438/10 Januari 2017 (MINA) – Sebuah proyek penelitian yang dilakukan tink tank British Future dan New Horizons in British Islam menemukan lebih dari 400 ribu tentara Muslim India berperang membantu Inggris pada Perang Dunia I.

“Hampir 1,3 juta jiwa dari India ikut andil dalam perang. Mereka berjuang di Front Barat, di parit, ketika Jerman membuat kemajuan besar dan mereka berperan dalam memperkuat pasukan Inggris,” ungkap kordinator pelaksana proyek dari British Future, Avaes Muhammad.

Dari angka itu, sejumlah 800 ribu beragama Hindu, 100 ribu Sikhs, dan 400 ribu orang Islam.

Penelitian mereka juga mengungkap hanya 22 persen warga Inggris mengetahui peran Muslim dalam membantu negaranya pada perang tersebut. Dari persentasi itu, hanya dua persen yang tahu sejarah lengkapnya.

“Artinya, 78 persen warga Inggris lainnya tidak mengetahui ratusan ribu Muslim yang berperang berdampingan dengan Inggris,” ungkap laporan mereka seperti dikutip The Mirror UK.

Proyek yang didanai the Heritage Lottery Foundation ini merupakan salah satu dari empat penelitian lainnya di seluruh Inggris yang mengungkap peran Muslim dalam membantu Inggris.

“Kita tidak boleh lupa kontribusi mereka, karena mengingat hal tersebut sangat penting untuk peradaban kita,” tambah Avaes.(T/RE1/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)