AS TERLIBAT DALAM AKSI KEKERASAN DI PALESTINA

Dacid Croniin (Foto:PlutoPress)
Dacid Croniin. (Foto:PlutoPress)

Brussel, , 6 Jumadil Awwal 1436/25 February 2015 (MINA) – Seorang aktivis pro- di Belgia, David Cronin mengatakan Serikat terlibat dan berperan aktif dalam aksi kekerasan terhadap rakyat Palestina bersama Israel.

“Penindasan yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina didukung selama puluhan tahun oleh pemerintah ,” kata David Cronin seperti dikutip Press TV dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Setiap tahun, pemerintah Israel menerima sekitar $ 3 miliar dari AS untuk bantuan militer,” kata Cronin .

“Serangan terhadap Gaza selama musim panas tahun lalu, misalnya, dilakukan sebagian besar dananya dari bantuan senjata Amerika,” tambahnya.

Amerika sebenarnya juga terlibat dalam aksi besar kekerasan di berbagai negara, namun sistem peradilan Amerika memilih untuk mengabaikan mereka dan bukan berfokus pada tindakan perlawanan oleh kelompok-kelompok Palestina.

Pada Senin (23/2), hakim AS memvonis bersalah kepada kelompok Palestina atas tindakan melakukan aksi kekerasan di wilayah-wilayah pendudukan Israel.

Sebuah pengadilan federal di Manhattan, Amerika Serikat (AS), menyatakan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Pemerintah Palestina bertanggung jawab karena mendukung beberapa serangan di Israel antara 2002-2004.

New York Times melaporkan Senin (23/2), hakim pengadilan menyatakan denda lebih dari $ 218.000.000 (sekitar 2,8 triliun rupiah) terkait tewasnya 33 warga Israel dan melukai lebih 450 lainnya, serta kerusakan dari serangan antara 2002-2004 tersebut.

Namun kelompok-kelompok Palestina membantah terlibat dalam rangkaian serangan pada masa itu dan berpendapat, mereka tidak bertanggung jawab atas tindakan ekstrimis.

Gugatan diajukan di AS pada 2004, karena beberapa korban adalah warga negara Amerika.

Denda $ 218.500.000 tiga kali lipat dari denda di bawah UU Anti-Terorisme AS.

Keluarga korban yang dipimpin oleh Mark I. Sokolow, mengadukan PLO dan Pemerintah Palestina “telah mendanai, merencanakan dan melaksanakan ribuan teror bom dan penembakan, yang mengakibatkan kematian ratusan warga sipil tak berdosa dan melukai ribuan lainnya”. (T/P007/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0