Tersirat Ayat Al-Quran, Karya Abstrak Anak Kolaka Terpajang di Kemendagri

Kolaka, 17 Rabi’ul Akhir 1438/16 Januari 2016 (MINA) – Salah satu hasil karya anak lokal di bidang seni rupa kontemporer yang tersirat ayat Al-Quran, terpajang di salah satu ruangan Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Adalah Ahmaruddin alias Anggi, pelukis dengan karya seni tinggi yang memukau mata dan hati para dewan juri, saat perlombaan seni lukis di Samarinda yang diikuti peserta dari beberapa wilayah di Indonesia. Demikian laporan laman resmi Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Alhamdulillah, dengan berbagai perpaduan warna yang menarik, karya saya keluar sebagai juara pertama,” ujarnya beberapa waktu lalu di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga:  Aksi Protes di Depan Kedubes AS, Setop Aksi Genosida di Gaza

Anggi mengungkapkan, perlombaan tersebut, terdapat sejumlah dewan hakim yang berasal dari Korpri Nasional, yaitu Didin Sirojuddin sementara untuk kategori lomba yang diikuti adalah kaligrafi kontemporer corak abstrak.

Sesuai dengan kategorinya, yaitu abstrak maka butuh kejelian untuk mengamati lukisan itu.

“Yang tervisualisasi dalam dua perpaduan warna yang berbeda, yakni corak warna tulisan dan corak warna latar belakang (background),” tutur Anggi.

“Dalam lukisan kaligrafi abstrak, seorang kaligrafi dalam karakter unik, harus mampu berani mencampur berbagai warna dalam tingkat imajinasi yang tinggi, untuk memilih dan menempatkan warna sebagai karakter ayat yang dikenal dengan kaligrafi kontemporer,” jelasnya.

Karya seni rupanya ini, menjadi alasan para juri menempatkan juara pertama kepada Ahmaruddin. Namun, ke depannya ia tidak dapat lagi mengikuti lomba serupa di skala regional, tetapi lebih kepada ajang tingkat nasional. (T/R05/P001)

Baca Juga:  Jamaah Haji Dilarang Bentangkan Spanduk, Bendera dan Merokok di Tanah Suci

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)