Test Event “Road to Asian Games 2018” Digelar 10-18 Februari

Juru Bicara KOI Hellen Sarita de Lima (tengah) menyampaikan penjelasan dalam pertemuan dengan media di Kantor INASGOC di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/12). (Foto: INASGOC)

 

Jakarta, MINA – Sebanyak sembilan cabang olahraga (cabor) dipastikan bakal menjalani ajang uji coba () untuk pada 10-18 Februari mendatang di tiga kota, yakni DKI Jakarta, Bekasi, dan Bogor.

Sembilan cabor yang akan dipertandingkan pada “Road to 2018” yakni panahan, atletik, basket 5×5, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, voli, dan angkat besi. Event ini bakal melibatkan sekitar 1.991 atlet dari beberapa negara di .

Juru Bicara Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Hellen Sarita de Lima mengatakan, test event bertujuan menguji kesiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 dalam segala aspek. KOI sendiri merupakan representasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Tanah Air.

“Seluruh test event yang dilakukan ini dilaksanakan di venue-venue yang sudah disiapkan dan telah memenuhi standar internasional untuk nanti dipertandingkan di Asian Games 2018,” kata Hellen dalam pertemuan dengan media di Kantor INASGOC di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Selain Hellen, dalam diskusi tersebut turut dihadiri tiga perwakilan Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC), yakni Tito Loho dari Departemen Akreditasi, Linda Wahyudi (Direktur Dept. Broadcasting), dan Ratna Irsana (Media & PR).

Ratna menjelaskan, penyelenggaraan test event cabor panahan, atletik, basket 5×5, dan voli dilaksanakan di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta.

Cabor taekwondo, tinju, dan angkat besi akan digelar di JIEXPO Kemayoran Jakarta. Sementara cabor silat akan digelar di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Khusus test event cabor sepakbola akan digelar di Stadion Pakansari Bogor, Stadion Wibawa Mukti Bekasi, dan Stadion Patriot Bekasi,” jelas Ratna.

Asian Games XVIII/2018 akan berlangsung 18 Agustus – 2 September 2018, mempertandingkan 40 cabang olahraga, 67 disiplin, dan 462 nomor pertandingan. Jumlah atlet yang akan bertanding sendiri diperkirakan mencapai kurang lebih 10.000 peserta.

Asian Games pertama kali digelar di New Delhi, India, pada 1951 dan pertama kali di Indonesia pada 1962.(L/R01/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.